Don’t compromise yourself. You are all you’ve got. There is no yesterday, no tomorrow, it’s all the same day.
Janis Joplin

7 Resep Jitu Memenangi Kompetisi Bisnis

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 18 Desember 2018 | 18:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Membangun bisnis itu gampang-gampang susah. SElain motivasi dan kerja keras, ada hal-hal lain yang bisa mendongkrak penjualan. Berikut 7 tipsnya.

1. Jangan menjual produk, tawarkan solusi

Suka atau tidak, orang-orang tak hanya mencari brand. Mereka sebetulnya mencari solusi melalui produk-produk yang kamu tawarkan. Kecuali brand sudah sebesar Adidas atau Starbucks, fokus jangan hanya pada brand, tetapi pada solusi. Jelaskan kelebihan produk kamu dengan cara yang simpel, langsung, atau bagaimana produk kamu bisa membantu pelanggan menyelesaikan masalah. 

2. Selalu jaga harga

Menurunkan harga tak selalu manjur. Jika produk yang kamu jual adalah produk premium, menurunkan harga justru bisa mengganggu imej produk. Lagipula, konsumen produk premium tak terlalu peduli pada perubahan harga, kok. 

3.  Pilih staf yang ramah

Tampaknya sepele, tapi ini sangat penting. Pembeli lebih suka dilayani oleh staf yang ramah dan mudah diajak berkomunikasi ketimbang staf yang jutek atau tidak komunikatif.

| SHUTTERSTOCK

4. Jam buka lebih lama

Jika kamu pemilik toko offline dan memiliki banyak pelanggan, kenapa tidak memperpanjang jam  buka? Tambahkan satu jam dari jam buka biasanya untuk menampung pembeli yang sedang pengin berbelanja. Memang, memperpanjang jam buka bisa membuat staf mengeluh. Untuk mengatasiya, buat survei kecil-kecilan, kira-kira pada hari apa dan jam berapa pelanggan ramai berkunjung ke toko. Setelah ditemukan polanya, kamu bisa memperpanjang jam buka hari tertentu ketika toko memang sedang penuh pembeli.

5. Gunakan medsos

Media sosial merupakan media yang paling ampuh untuk membangun kedekatan dengan pelanggan. Pilih admin yang bisa berkomunikasi dengan pelanggan, bikin postingan updates produk atau promo yang keren agar Visitor atau follower mau membeli.

 

Baca juga: 5 Gaya Milenial Yang Harus Diketahui Para Pebisnis

 

6. Berikan voucher ke pelanggan

Tahu, kan, siapa pemenang mobil Mini Cooper seharga Rp12 ribu program Harbolnas Bukalapak beberapa hari lalu? Ya, pelanggan menyukai gimik pemberian hadiah semacam ini. Tak perlu mobil, cukup sediakan hadiah voucher berbelanja supaya orang mau terus menjadi pelanggan setia.

7. Tetap humble

Jangan cepat puas pada omzet penjualan yang meningkat. Tetap bersikap humble dan jangan malas membuat perubahan serta inovasi agar produk-produk yang ditawarkan terus diingat pelanggan atau dikenal calon pelanggan baru.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro