We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Sinar Biru Ponsel Lebih Berbahaya Bagi Kulit Dibanding Sinar Matahari? Ini Tips Mengatasinya

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 24 Desember 2018 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Sinar ponsel ternyata bisa berpengaruh buruk pada kecantikan kulit wajah. Padahal rata-rata orang berinteraksi dengan ponselnya sehari 6-8 jam setiap harinya.

Biasanya di usia mendekati 30 tahun perempuan mulai sadar untuk merawat kulit wajah agar tidak mengalami tanda-tanda penuaan dini. Salah satunya dengan menggunakan skincare dengan kandungan retinol. Padahal ternyata perawatan yang menguras kantong ini bisa sia-sia hanya gara-gara ponsel.

Ponsel dan barang elektronik modern lainnya, seperti komputer dan televisi, memancarkan sinar biru atau blue light (HEV). 10 persen sinar matahari juga merupakan blue light.

Baca juga: Gangguan Kesehatan Gara-Gara Kecanduan Gadget

Paparan blue light dari matahari (alami) maupun dari barang elektronik (artifisial) tersebut bisa berefek negatif pada kulit, mata, otak dan tubuh. Bahkan dampak blue light artifisial bisa lebih buruk dari sinar ultraviolet dari matahari.

Khusus pada kulit, blue light bisa mempenetrasi hingga ke lapisan kulit terdalam, lebih dalam daripada sinar UVA dan UVB. Hal ini menyebabkan munculnya melasma, berkurangnya kelembapan kulit, jerawat, eczema, hingga muncul tanda-tanda penuaan dini.

Kabar buruknya, blue light tidak bisa diproteksi dengan sunscreen. Lalu bagaimana mengatasinya?

1.Skincare

Ada produk skincare yang mengklaim bisa memproteksi kulit dari dampak buruk blue light. Kandungannya berupa ekstrak plankton dan algae Scenedesmus rubescens yang telah teruji klinis mengandung komponen protektif terhadap blue light.

Selain itu, algae tersebut bisa melindungi kolagen, mengontrol kadar melanin yang bisa memicu hiperpigmentasi, memperkuat lapisn kulit, dan melawan radikal bebas.

2. Antioksidan

Cara lain menangkal blue light adalah dengan mengonsumsi asupan yang kaya antioksidan.

SHUTTERSTOCK |

3. Pelindung

Bisa juga dengan melengkapi gadget kamu dengan blue light shield, memakai blue light blocking glasses, atau menyalakan fitur night mode.

4. Screen Time

Namun, di antara semua cara itu tentu saja yang terbaik adalah mengurangi screen time kamu sehari-harinya.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi