You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

7 Tips Dekorasi Ini Bisa Meredam Stres. Yuk, Dicoba!

author
Isna Triyono
Jumat, 21 Desember 2018 | 08:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Dekorasi rumah bisa mempengaruhi mood penghuninya. Termasuk ketika kita sedang stress.

Berikut ini tips dekorasi simple namun bisa meredam stress atau tekanan psikis penghuninya. Mau coba?

1. Tambahkan Tanaman di Sudut Ruangan

Tanaman hias yang hijau bisa menyejukan pandangan mata. Selain itu, juga membersihkan udara di dalam rumah dan menghasilkan oksigen, serta memberi suasana tenang.

Baca juga: Untuk Ruang Terlihat Lebih Lapang, Perhatikan Do’s and Don’ts Pasang Gorden

2. Lemari dan Rak Penyimpanan

Kamu merasa semakin stress melihat rumah yang berantakan? Kamu enggak sendirian. Lingkungan yang berantakan terbukti meningkatkan kadar kortisol (hormone stress). Pilih lemari atau rak yang bisa menyimpan barang-barangmu secara rapi dan enak dipandang.

3. Sentuhan Warna Biru

Warna memiliki pengaruh kuat pada suasana hati kita. Beri sentuhan warna biru pada dekorasi rumah. Warna biru sering dikaitkan dengan meredam stress, menurunkan denyut jantung dan meningkatkan kualitas tidur.

SHUTTERSTOCK |


4. Biarkan Matahari Masuk

Sinar matahari kaya vitamin D yang dibutuhkan tubuh kita. Kurang mendapat sinar marahari diyakini mengganggu ritme sirkadian (jam tubuh) kita dan meningkatkan kecemasan dan depresi yang lebih tinggi.

Bersihkan jendela dan buka lebar-lebar gorden agar matahari bisa maksimal menerangi area dalam rumah.

SHUTTERSTOCK |


5. Pisahkan Ruang Kerja

Tanpa disadari, mata dipakai nonstop untuk melihat layar HP atau televisi dan terpapar radiasi. Meski beberapa dari kita diharuskan mengecek inbox surel soal pekerjaan lebih sering, sebaiknya pisahkan ruang kerja (yang berisi laptop atau layar televise) agar mata dan pikiran kita bisa ‘beristirahat.’

Baca juga: Misty Blue hingga Soft Terracotas, Jadi Tren warna 2019

6. Sofa dan Bantal yang Lembut

Sebuah penelitian pada tahun 2011 menemukan bahwa ketika orang-orang memiliki kecemasan, mereka menjadi peka dan menyukai segala sesuatu yang bertekstur lembut.

Atur ulang sofa atau tempat tidur kamu menggunakan bahan-bahan yang lebih lembut. Kamu juga bisa meletakkan boneka berbulus lembut yang bisa kamu pegang dan peluk.

7. Beri Aroma Lavender

Sejak zaman kuno, tabib menggunakan ramuan wangi lavender untuk menenangkan saraf dan mengurangi depresi. Gunakan produk pembersih dengan aroma lavender atau kamu bisa meletakkan bunga lavender segar dalam sebuah vas.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono