There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Gigi Berlubang Pertanda Stres? Ini 6 Gejala Stres yang Lain

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 21 Desember 2018 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Kita tahu gejala-gejala umum stres, antara lain bad mood, makan banyak, atau munculnya jerawat di wajah. Tapi, ada beberapa gejala stres lain yang tak banyak diketahui orang.

1. Sakit kepala

Jika kamu mengalami sakit kepala lebih dari biasanya, bisa jadi penyebabnya adalah stres. Stres merupakan salah satu penyebab sakit kepala yang bisa dipicu berbagai masalah sehari-hari, seperti kemacetan atau drama di kantor. Gejala lain bisa juga muncul menyertai sakit kepala, seperti otot tegang dan bagian depan kepala seperti diremas-temas.

2. Libido seks turun

Mayo Clinic melaporkan bahwa menurunnya gairah seks juga merupakan gejala stres. Jadi, jika kamu atau pasangan tiba-tiba tak lagi bergairah untuk jangka waktu cukup lama, segera hubungi konselor seks atau dokter untuk memperoleh solusi.

| SHUTTERSTOCK

3. Menggigit kuku

Menggigit kuku merupakan kebiasaan ketika seseorang merasa cemas atau tertekan. Kebiasaan ini adalah cara kita melepas stres dengan mengalihkan perhatian pada hal lain.

4. Ruam kemerah-merahan

Stres bisa memicu munculnya jerawat. Tapi tak hanya jerawat, stres ternyata juga memicu munculnya ruam kemerah-merahan di beberapa bagian tubuh seperti perut, punggung, lengan dan muka.

 

Baca juga: 6 Cara Alami Turunkan Tekanan Darah

 

Menurut psikolog Elizabeth Lombardo, Ph.D yang menulis bukuBetter Than Perfect: 7 Strategiesto Crush Your Inner Critic and Create a Life You Love, “Beberapa ahli menduga ruam ini ada hubungannya dengan stres yang mengganggu sistem kekebalan tubuh.”

5. Nyeri di punggung

Nyeri punggung bisa juga disebabkan oleh stres. Pasalnya, stres akan memengaruhi sistem otot dan tulang, sehingga otot menjadi tegang. Agar otot kembali lemas, coba tarik napas dalam-dalam 5-10 kali sambil memusatkan pikiran pada bagian tubuh yang terasa sakit.

 

| SHUTTERSTOCK

6. Gigi jadi berlubang

Ternyata stres juga bisa menyebabkan gigi berlubang, apalagi jika kamu punya hobi menggigit-gigit gigi yang sering disebut bruxism. Kebiasaan ini bisa merusak gigi sehingga lebih mudah berlubang. Pada beberapa kasus ekstrem, kebiasaan ini bahkan bisa membuat gigi tanggal, seperti yang dialami artis era 90-an, Demi Moore.

7. Perut mual-mual

Jika stres yang kamu alami cukup parah, bahkan depresi, bisa jadi tubuh akan benar-benar sakit. “Stres bisa mengganggu pencernaan, salah satunya mual akibat cemas dan tertekan,” kata Debbie Mandel, penulis buku Addicted to Stress: A Woman’s 7-Step Program to Reclaim Joy and Spontaneity in Life. Biasanya, rasa mual ini hanya sementara, kok.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro