Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

Anak Overweight? Ini 7 Tips Buat Orangtua

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 27 Desember 2018 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Gaya hidup yang serba modern dan instan memicu anak-anak sekarang memiliki berat adan berlebih. Anak-anak dengan berat badan berlebih juga cenderung kelebihan berat badan saat dewasa, sehingga beresiko menghadapi berbagai masalah kesehatan seperti diabetes dan penyakit jantung. Berikut tips menghadapi anak yang kelebihan berat badan.

1. Orangtua jadi panutan

Anak-anak mengembangkan pola makan mereka dari contoh atau kebiasaan orangtua. Jika orangtua hobi makan junk food, anak pun akan mengembangkan kebiasaan yang sama. Jadi, beri anak contoh tentang pola makan yang sehat dan seimbang.

 

Baca juga: Ini 7 Cara Membangun Empati Anak

 

2. Cari tahu gejala sebenarnya

Berat badan berlebih bisa jadi merupakan gejala dari apa yang tengah dialami anak. Bunda sebaiknya mencari tahu, apa yang terjadi pada anak, termasuk di sekolah. Stres akibat pelajaran, dibully teman-temannya, atau kesepian bisa memicu masalah berat badan anak. Makan menjadi “teman” anak tatkala ia menghadapi masalah.

3. Jangan langsung membatasi makan

Lebih baik Bunda mulai membangun kebiasaan makan yang sehat daripada langsung membatasi asupan anak. Kalaupun Bunda pengin anak membatasi makan anak sebaiknya berkonsultasi kepada dokter.

| SHUTTERSTOCK

4. Biasakan makan bersama

Studi menunjukkan bahwa makan bersama keluarga secara rutin akan membantu mencegah anak kelebihan berat badan. Ini karena anak akan makan lebih lambat dan membuat pilihan menu yang lebih sehat saat berada di meja makan bersama.

5. Jangan paksa anak berolahraga

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Namun, jangan paksa anak untuk berolahraga, apalagi olahraga berat. Lebih baik jadikan aktivitas fisik sebagai kebiasaan, bukan sebuah tugas.

| SHUTTERSTOCK

6. Pastikan anak cukup tidur

Studi menunjukkan hubungan antara kurang tidur dengan bertambahnya berat badan dan penyakit medis lainnya. Bunda harus memastikan bahwa buah hatinya mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

7. Yakinkan anak, Bunda menyayanginya

Jangan lupa, tidak peduli berapa pun berat badan anak, yakinkan ia bahwa Bunda akan selalu menyayanginya.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro