Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Selain Sebagai Sumber Makanan Bayi, Plasenta Juga Punya Fakta Menarik Lainnya

author
Isna Triyono
Minggu, 6 Januari 2019 | 15:18 WIB
SHUTTERSTOCK |

Plasenta atau juga disebut ari-ari ini memiliki peran yang sangat penting bagi ibu dan bayi. Selain itu, plasenta juga punya fakta menarik lainnya.

1. Setiap satu menit, satu liter darah dipompa ke rahim, mengalirkan oksigen dan nutrisi melalui plasenta.

2. Meski darah ibu mengalir ke plasenta untuk mengaliri okisgen dan nutrisi, namun tidak bercampur dengan darah bayi karena memiliki peredaran darah masing-masing.

3. Plasenta disebut pohon kehidupan karena fungsinya yang sangat penting bagi perkembangan bayi selama dalam rahim.

Baca juga: Resolusi Tahun Baru, 4 Zodiak Ini yang Berpeluang Sukses Mewujudkannya

4. Di Peru, disebut ‘selimut bayi’, ‘bantal bayi’, atau ‘dudukan bayi’.

5. Di India, disebut ‘teman bayi.’ Di Indonesia dikenal sebagai ‘saudara laki-laki atau perempuan bayi.’

SHUTTERSTOCK |

6. Placentophagy (memakan plasenta setelah melahirkan) tercatat sudah digunakan dilakukan 1500 SM dalam pengobatan Cina. Mereka percaya memakan plasenta bisa menyeimbangkan hormon pasca melahirkan. Namun sampai sekarang belum ada penelitian ilmiah membuktikan hal itu.

7. Ketika plasenta ikut keluar dari rahim setelah bayi lahir, hal itu memicu produksi prolaktin, hormon yang bertanggung jawab untuk memproduksi ASI.

8. Jika disambung, semua kapiler di plasenta, memiliki panjang 32 mil atau 51 km.

9. Jika bayi kembar fraternal atau non-identik, memiliki masing-masing satu plasenta. Sedangkan bayi kembar identik biasanya berbagi satu plasenta yang sama.

Baca juga: Minuman Bersoda Bikin Lebih Cepat Tua 4 Tahun

10. Posisi plasenta berubah-ubah selama kehamilan. Namun menjelang kelahiran, plasenta idealnya berada di atas atau sisi dinding Rahim. Jika plasenta berada di bawah bagian rahim (plasenta previa) maka akan menutupi jalan keluar bayi.

11. Plasenta adalah satu-satunya organ tubuh yang mengeluarkan dirinya sendiri ketika tidak diperlukan lagi.

12. Di beberapa negara, plasenta digunakan sebagai krim atau salep kulit karena diyakini memiliki khasiat menyembuhkan, mengatasi wasir, puting lecet, ruam popok, terbakar sinar matahari, mengobati luka bekas operasi caesar dan berbagai iritasi.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono