I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

Bayi Menggigit Puting Saat Disusui? Lakukan Trik Ini

author
Isna Triyono
Selasa, 8 Januari 2019 | 10:02 WIB
SHUTTERSTOCK |

Semua ibu yang menyusui pasti pernah mengalami hal ini.

Saat bayi sudah tumbuh gigi, salah satu hal ‘menakutkan’ yang biasa dirasakan oleh seorang ibu adalah bayi menggigit puting saat menyusu.

Nah, berikut ini ada trik yang bisa kamu lakukan agar bayi enggak lagi menggigit puting saat disusui.

1. Tarik Bayi Mendekat

Saat bayi tiba-tiba menggigit puting, respon yang biasa dilakukan oleh ibu adalah menjauhkan bayi dari payudara. Tujuannya agar bayi melepas gigitannya. Tapi yang biasa terjadi justru semakin dijauhkan, bayi justru akan semakin kuat menggigit.

Jika bayi menggigit puting, kamu bisa tarik bayi mendekat ke payudara. Tujuannya agar bayi melepas gigitannya karena ingin bernafas dengan lega.

Baca juga: Selain Membatasi Makanan Manis, Ini Cara Menghindari Kerusakan Gigi Pada Bayi

2. Menekan Dagunya

Kamu juga bisa mencoba melepaskan gigitan bayi dengan cara menekan dagunya menggunakan ibu jari. Tekanannya enggak harus kencang, kok, asal membuat mulut bayi sedikit terbuka.

3. Hentikan Sesi Menyusui

Jika bayi menggigit puting, hentikan sesi menyusui 3-5 menit. Jika bayi menangis merengek ingin menyusui, kamu bisa ajak ia berkomunikasi. Misalnya, ‘Adek boleh menyusu lagi tapi jangan digigit, ya,” ucapkan dengan nada lembut. Meski masih kecil, bayi lama-kelamaan bisa mengerti jika dia menggigit puting, maka ibunya akan menghentikan sesi menyusui.

4. Cari Suasana Tenang

Bayi menggigit puting biasanya karena enggak nyaman atau kaget dengan suasana bising atau kaget. Carilah tempat yang tenang agar bayi fokus menyusui.

SHUTTERSTOCK |


5. Jangan Berteriak

Mungkin kamu kaget atau syok ketika bayi tiba-tiba menggigit puting sehingga reaksi yang kamu tunjukkan adalah berteriak. Respon seperti ini justru akan membuat bayi ‘trauma’ dan mungkin enggan menyusu lagi.

Jika sudah terlanjur berteriak, peluk bayi sambil ucapkan kata-kata lembut, “Jangan digigit ya dek, nanti ibu kesakitan. Adek mau nyusu lagi?”

Baca juga: Tips Mengenalkan MPASI Pertama Kali Tanpa Drama

6. Beri Teether

Jika sudah dihentikan sebentar, lalu disusui lagi namun bayi tetap menggigit, sebaiknya berikan bayi teether. Mungkin saat itu, ia sedang merasakan gatal pada gusinya dan butuh benda padat untuk digigit agar meredakan rasa gatal tadi.

7. Beri Perhatian Penuh

Beberapa bayi menggigit puting hanya untuk menarik perhatian. Sebaiknya, saat sesi menyusui, ibu memberi perhatian penuh pada bayi. Kamu juga bisa menatap wajahnya sambil mengajak bicara pelan soal apa aja. Dengan begitu, bayi juga merasa lebih tenang.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono