I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

10 Perilaku Pertanda Anak Tidak Normal

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 10 Januari 2019 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Dunia anak adalah dunia bermain. Sesekali menunjukkan kenakalan adalah hal lumrah, seperti sedikit tantrum atau berteriak-teriak. Bahkan, kenakalan anak sering terlihat sebagai sebuah kelucuan.

Tapi jika anak mulai menunjukkan hal-hal di bawah ini, orang tua sebaiknya hati-hati. Jangan-jangan ada yang tidak normal pada perilaku dan kebiasaan anak yang bisa berdampak buruk baginya kelak.

1. Anak terlihat kesulitan menjaga emosinya dan mudah terpicu oleh hal-hal kecil yang membuatnya terganggu.

2. Anak menjadi impulsif, sering menunjukkan tingkah merusak seperti menggigit, melempar benda-benda, berteriak tanpa sebab, dan sebagainya.

3. Anak suka memaki-maki diri sendiri dan mendadak berperangai kasar tanpa sebab.

4. Anak mulai sering berbohong tanpa disadari orang tua. Mengambil barang milik orang lain mulai menjadi kebiasaan.

| SHUTTERSTOCK

5. Kebiasaan buruk anak mengganggu prestasi akademiknya di sekolah. Anak mulai sering ribut dengan temannya, telat masuk sekolah, atau sering membolos.

6. Anak lebih sering terlibat pertengkaran dengan teman-temannya. Akibatnya, kehidupan sosialnya pun mulai terganggu.

7. Anak sulit fokus pada satu hal. Ia juga mulai bertingkah ceroboh dan malas mengerjakan tugas sekolah maupun kegiatan di rumah.

Baca juga: Ajarkan Anak Etika Sehari-Hari, Berikut 15 Di Antaranya 

8. Anak mulai sering mendebat perintah orang tua dan tak terlalu peduli soal disiplin. Biasanya ia melawan aturan hanya untuk ngerjain orang tua.

9. Orang tua sebaiknya waspada jika anak tiba-tiba mulai menyakiti dirinya sendiri secara fisik. Kebiasaan ini lama kelamaan bisa memunculkan niat bunuh diri dan harus dicegah.

10. Anak menunjukkan perilaku atau mengucapkan omongan seksual yang tidak sesuai dengan usianya.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro