We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Ternyata Enggak Cuma Nangis dan Tidur, Ini Perkembangan Bayi di Bulan Pertama

author
Isna Triyono
Rabu, 9 Januari 2019 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Setiap bayi tumbuh dengan cara yang unik dan berbeda-beda.

Tahap perkembangan bayi pada satu bulan pertamanya ini bisa menjadi wawasan soal yang harus diamati orangtua dari bayi mereka masing-masing.

Namun, sekali lagi, setiap bayi berbeda. Mungkin ada beberapa perkembangan yang belum terlihat pada bayi kamu. Namun di sisi lain, bayi kamu memiliki kebisaan lain.

Pada bulan pertama kehidupannya, sebagian besar perilaku bayi bersifat refleksif atau reaksi otomatis. Refleksi otomatis yang bayi tunjukkan antara lain:

Baca juga: Bayi Menggigit Puting Saat Disusui? Lakukan Trik Ini

1. Refleks mulut

Refleks menghisap dan menelan ketika mulut atau bibir mereka disentuh. Refleks ini berguna ketika disodori payudara atau botol susu, bayi secara otomatis akan menghisap dan menalan susu.

2. Refleks Rooting

Refleks memutar kepala ke arah tangan yang menyentuh pipinya. Refleks ini berguna untuk bayi menemukan puting susu ibu. Refleks ini akan memudar ketika bayi berusia 4 bulan.

3. Refleks Memegang

Bayi memberi merespon menggenggam jari atau benda yang diletakkan di telapak tangannya. Refleks ini sangat terasa di usia 0-2 bulan, dan biasanya akan memudar ketika bayi berusia 5-6 bulan.

Baca juga: Selain Membatasi Makanan Manis, Ini Cara Menghindari Kerusakan Gigi Pada Bayi

SHUTTERSTOCK |

4. Refleks Kejut

Bayi menunjukkan refleks terkejut ketika mendengar suara keras, yaitu dengan memanjangkan kaki dan tangan ke arah luar tubuhnya. Refleks ini akan memudar saat usianya 2-3 bulan.

Selain refleks tadi, di akhir bulan pertama, bayi biasanya menunjukkan perkembangan:

- Bisa mengangkat kepala ketika diletakkan tengkurap. Durasi kepalanya terangkat akan semakin lama seiring bertambahnya usia.

- Mulai fokus melihat benda atau wajah pada jarak 20-30 cm. biasanya warna yang ditangkap bayi adalah hitam dan putih.

- Menunjukkan respon ketika mendengar suara, seperti mata berkedip, terkejut, atau melakukan gerakan meski pelan dan sedikit.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono