You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Penyebab dan Cara Alami Atasi Jerawat di Dada dan Punggung

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 10 Januari 2019 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Punggung berjerawat bikin kamu ilfil dan enggak pede pakai backless dress atau tube dress yang lagi hits? Sayang banget! Padahal ada cara sederhana dan alami mengatasi jerawat di punggung.

Sebelumnya ketahui dulu apa yang menjadi penyebab jerawat di dada dan punggung kamu. Biasanya penyebabnya ada beberapa faktor, di antaranya:

1.Hormonal

Kamu sudah menjaga kebersihan kulit, memakai pakaian yang menyerap keringat, dan sebagainya. Tetapi jerawat di dada dan punggung masih ada juga. Bisa jadi itu karena faktor hormonal.

2.Keringat

Keringat berlebih di permukaan kulit memicu lembap yang bercampur dengan sebum, bakteri, dan kotoran sehingga menyumbat pori-pori dan muncullah jerawat. Segera ganti pakaian saat keringat berlebih dan jaga kebersihan tubuh.

3.Kosmetika

Coba perhatikan produk kosmetika yang kamu gunakan di bagian dada dan punggung, seperti sabun, losion, scrub, sampo, kondisioner, atau bahkan parfum. Jangan-jangan kamu alergi dengan kandungan bahannya.

4.Detergen

Bisa juga disebabkan oleh detergen pembersih pakaian yang bikin kulit sensitifmu rentan teriritasi.

5.Pakaian

Hindari pemakaian baju yang terlalu ketat dan tidak menyerap keringat agar sirkulasi udara tidak terhalang.

Baca: 5 Tips Memilih Pakaian Olahraga

6.Gesekan

Tanpa disadari saat memakai tas, saat tidur, bercukur atau berolahraga kulit punggung mengalami gesekan yang memicu munculnya jerawat. Ingat untuk selalu rajin mengganti sprei, sarung bantal guling serta selimut agar tidak jadi sarang kuman, ya.

Bisa juga terjadi karena gesekan scrub yang terlalu kuat dan sering dilakukan. Oleh sebab itu, disarankan memakai scrub hanya 1-2 kali seminggu.

7.Penyakit Kulit

Jerawat bisa timbul karena penyakit kulit tertentu, seperti seborrhoic dermatitis yang ditandai dengan kulit bersisik dan radang.

Baca juga: Bahan Alami Atasi Bibir Kering dan Hitam

Lalu, bagaimana cara mengatasi jerawat di dada dan punggung? Menjaga kebersihan tubuh tentu wajib dilakukan, namun ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya.

1.Putih Telur

Oles cairan putih telur ke punggung dan dada yang berjerawat lalu diamkan 30 menit. Bilas dengan air suhu normal. Lakukan 2 kali seminggu.

2.Tomat

Belah tomat dan gosok perlahan di area berjerawat. Diamkan 15 menit lalu bersihkan dengan air.

SHUTTERSTOCK |

3.Sea Salt

Rendam 2 sendok makan garam laut dalam 200ml air. Gunakan kapas untuk mengoleskannya pada dada dan punggung.

4.Lemon

Kandungan vitamin C tinggi dan zat antibakteri ampuh membasmi jerawat. Peras lemon dan oleskan airnya pada area berjerawat. Diamkan 15 menit dan bilas dengan air.

5.Madu

Mengandung zat antibakteri dan antiradang yang bisa mengurangi jerawat. Cukup oleskan pada jerawat dan aman digunakan setiap hari.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi