Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

6 Cara Mudah Menghindari Stres

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 10 Januari 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Tubuh memiliki mekanisme untuk merespons stres. Akan tetapi, kehidupan modern membuat manusia tak pernah lepas dari ancaman stres yang bisa berdampak buruk terhadap kesehatan mental dan fisik. Ikuti 6 tips berikut agar terhindar dari stres.

1. Kenali pemicunya

Kenyataannya, stres akan selalu datang. Mengenali pemicu atau sumber stres akan membantu mengatasinya.

Coba cermati lingkungan kerja, apakah ada masalah dengan urusan pekerjaan, keuangan, hubungan dengan teman sekantor atau atasan, dan sebagainya. Begitu pula lingkungan rumah dan tetangga. Setelah pemicunya diketahui, cari solusi yang tepat untuk mengurai masalah yang memicu stres tadi.

2. Bergerak dan bergerak

Aktivitas fisik bisa mengurangi stres. Jadi, jangan tunda untuk segera menjadwalkan olahraga sebagai hal wajib yang harus dilakukan. Olahraga teratur sangat bagus bagi kesehatan karena bisa meningkatkan mood, menurunkan berat badan, dan membuat tidur jadi lelap. 

| SHUTTERSTOCK

3. Menangis boleh, kok

Beberapa studi menyarankan agar kita menangis saat berada dalam tekanan. Menangis akan membuat kamu merasa lebih baik. Riset di Motivation and Emotion menunjukkan, orang yang menangis saat menonton film akan merasa lebih baik 90 menit setelahnya.

4. Tak ada yang sempurna

Menentukan target di semua bidang kehidupan itu penting agar kita memiliki fokus. Tetapi, jika target yang kita pasang terlalu tinggi dan justru membebani diri, bisa-bisa tubuh kita yang akan menerima dampak buruknya. Mulailah menerima bahwa tidak ada yang sempurna. Buatlah target yang realistis, pahami kelebihan dan kekurangan diri, serta belajarlah dari kesalahan.

Baca juga: 4 Langkah Mengawali Resolusi Diet Sehat

5. Jadwalkan “me time”

Kesibukan harian, seperti pergi ke kantor, menyiapkan makanan, mencuci dan menyeterika baju, membayar tagihan, dan sebagainya bisa menjerat kamu dalam rutinitas yang menjemukan. Akibatnya, stres pun menghampiri.

Coba luangkan waktu, bisa di akhir pekan atau di sela-sela aktivitas, untuk berjalan-jalan, pergi ke salon, atau menonton film favorit. Me time seperti ini sangat efektif untuk membuang penat dan meredakan stres.

6. Lakukan satu aktivitas menyehatkan setiap hari

Parkir mobil kamu di ujung tempat parkir, gunakan tangga untuk naik ke kantor di lantai 3, enyahkan kue manis dari lemari pendingin, dan ganti minuman manis dengan teh hijau kaya antioksidan di pagi hari.

Jadikan kesehatan sebagai prioritas utama kehidupan. Dengan begitu, kamu akan terbebas dari stres dan makin bersemangat.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro