When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

Bantu Si Pemalu Dengan 5 Tips Berikut

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 9 Januari 2019 | 17:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Tak perlu cemas jika buah hati pemalu. Ini wajar, kok, dan bisa hilang seiring bertambahnya usia. Bunda juga bisa membantu mengurangi rasa malu anak dengan 5 cara berikut.

1. Ajak anak bicara

Banyak anak yang jadi pemalu karena sebetulnya mereka memiliki masalah. Bisa jadi ia bermasalah dengan keluarga, teman-teman, akibat trauma, dan sebagainya. Tanyakan ke sekolah bagaimana perilaku anak sehari-hari.

Kekerasan verbal, seksual, perceraian bisa membuat anak merasa malu. Pastikan bahwa anak tidak memiliki masalah-masalah ini. Jika anak memiliki trauma di usia lebih dini, tak ada salahnya meminta bantuan profesional.

Baca juga: Ternyata Enggak Cuma Nangis dan Tidur, Ini Perkembangan Bayi di Bulan Pertama

2. Berikan empati, bukan simpati

Berikan empati. Katakan bahwa ia hebat dan tak perlu merasa diri tak hebat. Berikan pujian atas semua pencapaiannya.

3. Temukan kekuatannya

Banyak anak yang merasa malu karena kurang motivasi dan rasa percaya diri. Bantu anak menemukan kelebihan-kelebihannya. Setiap anak memiliki ketertarikan atau hobi pada satu bidang atau aktivitas. Bantu anak menemukan hobinya lalu beri ia dorongan untuk menekuni hobi tersebut.

| SHUTTERSTOCK

4. Ajak anak berinteraksi

Salah satu cara terbaik membantu anak agar tidak pemalu adalah dengan mengajaknya berinteraksi dan bergaul dengan teman-teman sebayanya.

Undang teman-teman sekelas ke rumah, buat acara atau permainan agar anak bisa tampil dan bercerita ke teman-temannya.

5. Jangan melabeli anak

Hindari memanggil atau melebeli anak dengan julukan ‘si pemalu’ karena justru akan membuat anak makin tidak percaya diri.   

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro