If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

4 Tips Jika Ingin Menggunakan Rak Terbuka di Dapur

author
Isna Triyono
Selasa, 8 Januari 2019 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Rak terbuka di dapur dan menampilkan deretan peralatan makan kesayangan yang cantik, jadi idaman semua ibu-ibu untuk ada di dapur.

Coba aja kali googling ‘desain dapur’, pasti yang muncul kebanyakan dapur-dapur dengan rak model terbuka dan ‘melayang’.

Dengan model rak terbuka, kamu bisa memamerkan perlengkapan dapur yang tersusun rapi, sekaligus diselipkan dengan tanaman hias atau wall décor.

Tapi, sebelum memutuskan untuk mengubah rak dapur menjadi model terbuka, ada baiknya kamu tanyakan ini pada dirimu sendiri, apakah saya orang yang rapi? Jika jawabannya ya, maka model rak terbuka cocok kamu terapkan di dapur.

Baca juga: 9 Tanaman Hias yang Cocok Untuk Kamar Mandi

Berikut 4 tips jika kamu menginginkan rat terbuka di dapur kamu.

1. Coba Dulu

Jika kamu sudah punya kitchen set model tertutup, kamu bisa mencoba dulu melepaskan salah satu pintunya dari kabinet. Bandingkan dengan jika kitchen set itu tertutup.

Jika merasa cocok, kamu bisa melepaskan semua pintu dari kabinet. Lalu mulailah menata perlengkapan makan atau dapur sehingga rapi dan seperti yang kamu inginkan. Bila perlu, carilah referensi di internet.

SHUTTERSTOCK |


2. Isi rak Bawah Dengan Barang-Barang Fungsional

Tempatkan barang-barang yang paling sering dipakai di rak paling bawah dan barang-barang yang jarang digunakan diletakkan di rak bagian atas. Batasi jumlah barang yang ‘di-display’ di rak terbuka.

Tidak seperti lemari yang bisa kamu jejali dengan semua barang, rak terbuka hanya menampung barang-barang fungsional dan terlihat ‘indah’ dipajang.

3. Beri Item Dekoratif

Rak terbuka sama artinya dengan element dekoratif. Karena itu, selain memajang perlengkapan makan dan dapur, perlu juga ditambah item yang bersifat dekorasi, misalnya wall décor bertuliskan kata-kata yang enggak jauh dari dapur atau memasak, perlengkapan makan vintage, atau pot mini berisi tanaman hias.

Baca juga: Dinding Ruangan Kosong? Lakukan 7 Hal Ini

SHUTTERSTOCK |

4. Pemilihan Warna Background

Saat ini, warna putih menjadi tren yang semakin disukai. Selain memberikan kesan lapang dan bersih, warna putih juga bisa menonjolkan barang-barang di sekitarnya.

Pilih cat berwarna putih untuk background rak terbuka di dapur agar apa yang telah kamu susun di rak terlihat lebih menonjol.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono