We’re here for a reason. I believe that reason is to throw little torches out to lead people through the dark.
Whoopi Goldberg

Selalu Merasa Lapar, Simak 6 Penyebabnya

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 11 Januari 2019 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Rasa lapar merupakan dorongan alamiah manusia. Lapar dan kemudian makan akan membuat otak tetap bekerja, membentuk otot-otot tubuh, dan membantu tubuh mengembalikan kondisi setelah melakukan aktivitas-aktivitas berat.

Tapi, bagaimana jika perut selalu merasa lapar dan tidak kenyang juga  sekalipun kamu baru saja melahap menu makan siang? Kecuali kamu baru saja melahirkan dan sedang menyusui, rasa lapar yang tak kunjung hilang bisa jadi disebabkan oleh hal-hal berikut.

1. Kurang asupan protein

Protein merupakan makronutrisi penting bagi tubuh yang membuat kita merasa kenyang. Berapa kebutuhan protein per hari tergantung pada berat badan dan gaya hidup, tetapi ada baiknya selalu sertakan protein dalam setiap menu makan. Misalnya, tambahkan keju pada biskuit gandum. 

2. Kurang asupan serat

Serat juga merupakan nutrisi yang akan membuat kita merasa lapar jika kekurangan. Makanan tanpa serat akan langsung dicerna sehingga membuat kita merasa lapar setelah menyantapnya. Tambahkan lebih banyak buah segar, sayuran, dan gandum utuh agar kebutuhan serat tercukupi dan tak mudah lapar.

 

Baca juga: 4 Langkah Mengawali Resolusi Diet Sehat

 

3. Jadwal waktu makan terlalu jauh

Merasa selalu lapar bisa juga karena tubuh memberi sinyal bahwa sudah terlalu lama lambung tidak diisi. Sebaiknya, ngemil setiap 3-4 jam, disesuaikan dengan jadwal makan dan tingkat aktivitas. 

4. Kurang tidur

Kurang tidur juga bisa meningkatkan keinginan untuk makan. Bahkan, Mayo Clinic menyebutkan bahwa kurang tidur merupakan salah satu faktor risiko obesitas. Tak hanya mencegah terus-terusan merasa lapar, tidur cukup juga bagus bagi kesehatan secara umum.

| SHUTTERSTOCK

5. Stres kronis

Respons tubuh bisa memicu rasa lapar, salah satunya stres. Mengenali pemicu dan menghindari stres merupakan cara agar tubuh tidak selalu merasa lapar.

6. Diabetes tidak terkontrol

Diabetes yang tidak terkontrol juga menjadi penyebab perut selalu merasa lapar. Lakukan pemeriksan gula darah secara rutin agar tidak terjadi komplikasi, sekaligus melenyapkan perasaan lapar yang muncul sepanjang hari.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro