Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

Bahaya, Mengucek Muka Saat Bangun Tidur. Kenapa?

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 13 Januari 2019 | 18:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Daya tahan tubuh sangat penting agar kita tak mudah sakit. Selain faktor genetik, daya tahan tubuh juga bisa diperoleh melalui gaya hidup sehat. Berikut beberapa kebiasaan sehat yang bisa mendongkrak daya tahan tubuh, termasuk tidak mengucek muka saat bangun tidur.

1. Tidur Cukup

Riset membuktikan bahwa tidur rata-rata 8 jam tiap malam membuat tubuh lebih tahan terhadap flu dibandingkan mereka yang tidur kurang dari 7 jam. Alasannya, saat tidur, tubuh memperbaiki sel-selnya dan mengatur stres hormon sehingga tubuh lebih kebal terhadap infeksi.

2. Tidak mengucek muka saat bangun tidur

Biasanya, begitu bangun tidur, yang pertama dilakukan adalah mengucek-ucek muka, termasuk mata. Padahal, ini justru tidak disarankan. Menurut studi yang dimuat di Journal of Occupational Health,  mengucek-ucek muka justru akan meningkatkan resiko terkena flu atau atau infeksi saluran pernapasan atas akibat virus yang menempel di tangan. 

3. Konsumsi sayur dan buah aneka warna

Makan makanan yang banyak mengandung antioksidan seperti wortel, paprika, almond, anggur, dan sebagainya, membantu memperbaiki sel tubuh yang rusak.

 

Baca juga: Selalu Merasa Lapar, Simak 6 Penyebabnya

 

4. Minum teh hitam

Studi yang dilakukan National Academy of Sciences of the United States menunjukkan, tubuh akan memproduksi protein interferon 3 kali lebih banyak jika minum sekitar 500ml teh hitam setiap hari. Teh hitam dikenal mengandung zat antioksidan yang bagus bagi tubuh.

5. Reriungan bersama keluarga

Luangkan waktu untuk reriungan bersama teman atau keluarga, khususnya ketika sedang punya masalah, begitu hasil riset yang dimuat di jurnal Psychological Science. Orang-orang yang memiliki “sosial support” saat menghadapi masalah pelik akan lebih tahan terhadap serangan penyakit.

 

| SHUTTERSTOCK

6. Pakailah sandal

Direktur Common Cold Centre di Britain’s Cardiff University, Ron Eccles, Ph.D., menyarankan memakai sandal di musim pancaroba seperti sekarang. Alasannya, kaki yang dingin akan memerintahkan otak untuk mempertahankan suhu tubuh. Ini artinya tubuh akan mengurangi pasokan darah ke area yang dingin tadi. Akibatnya, sel darah putih yang bertugas melawan infeksi pun akan berkurang sehingga kuman dan virus leluasa menyerang tubuh.

7. Meditasi

Studi menunjukkan, meditasi atau olahraga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jadi, kenapa tak mencoba berlatih yoga atau pernapasan agar tubuh terhindar dari serangan virus flu.

 

Baca juga: Multitasking, Seni Bekerja Nyambi-Nyambi

 

8. Rajin mencuci tangan

Rajin mencuci tangan sebelum makan, setelah makan, setelah mandi atau buang hajat, dan setelah bersin atau batuk bisa mengurangi resiko terserang penyakit 16%-50%. Pilih pembersih tangan yang mengandung alkohol 60%.

9. Menonton TV

Tentu tidak seharian, ya, tapi cukup 30 menit. Peneliti dari Pittsburgh’s Carnegie Mellon University menemukan bahwa rehat yang berkualitas selama 30 menit akan membantu mengurangi resiko terserang penyakit hingga 80%. Stres akan membuat kortisol yang memicu stres dan adrenalin memperlambat kerja sel darah putih sehingga sulit menangkal serangan virus. Nah, dengan istirahat atau relaksasi, sel darah putih pun akan kembali maksimal bekerja melawan infeksi.

 

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro