There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Selain Pakai Test Pack, Ini 10 Tanda Awal Kehamilan

author
Isna Triyono
Senin, 21 Januari 2019 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Sampai saat ini, banyak orang beranggapan bahwa haid yang telat sebagai satu-satunya tanda kehamilan.

Sebenarnya cara memastikan kehamilan adalah dengan tes kehamilan atau USG. Tapi kamu juga bisa mengenali tanda awal kehamilan setelah satu minggu terjadinya pembuahan atau beberapa minggu setelah periode menstruasi terakhir.

10 Tanda awal ini pun enggak selalu sama dirasakan semua ibu hamil. Namun jika merasakan salah satu tanda di bawah ini, sebaiknya kamu segera memastikannya dengan datang ke dokter kandungan.

Baca juga: Merawat Payudara di Masa Menyusui

1. Haid yang terlambat

Tapi haid yang enggak kunjung datang juga bisa disebabkan faktor lain. Itu sebabnya segera kunjungi dokter kandungan dan ingat kembali kapan hari pertama haid pada periode menstruasi terakhir yang kamu alami. Tanggal itu yang sangat membantu menentukan due date jika kamu memang benar hamil.

2. Peningkatan Suhu Tubuh

Peningkatan suhu tubuh ini biasanya sangat terasa ketika kamu bangun tidur di pagi hari. Suhu tubuh yang lebih tinggi dari biasanya ini dipengaruhi oleh hormon.

3. Morning Sickness

Sekitar setengah dari perempuan hamil akan megalami mual di pagi hari. Biasanya morning sickness juga diringi dengan indera penciuman yang sangat sensitif. Kebanyakan perempuan hamil mulai merasakan ini antara 4-8 minggu kehamilan.

SHUTTERSTOCK |


4. Payudara Terasa Nyeri

Rasa nyeri ini disebabkan oleh hormone estrogen dan progesterone yang meningkat untuk persiapan menyusui.

5. Sering Buang Air Kecil

Jika frekuensi buang air kecil kamu meningkat, bisa jadi itu sebagai tanda awal kehamilan. Sering buang air kecil ini biasa terjadi di trimester awal dan trimester akhir karena rahim yang menekan saluran kemih.

6. Mudah Lelah dan Ngantuk

Sulit untuk bangun dari tidur dan merasa kelelahan tanpa sebab juga menjadi awal tanda kehamilan. Hal ini karena tubuh mengalami banyak perubahan hormone dan dalam persiapan untuk mengandung bayi.

7. Sering Pusing

Volume darah dan pembuluh darah yang meningkat menyebabkan perempuan hamil sering merasa pusing dan biasanya terjadi hanya di trimester awal.

Baca jug: 5 Mitos Soal Keguguran yang Masih Banyak Dipercaya

SHUTTERSTOCK |


8. Kram di Bagian Bawah Perut

Gejala ini sangat mirip dengan ketika kamu akan haid. Kram di bagian bawah perut terjadi karena rahim merenggang dan menyiapkan tempat untuk janin yang akan berkembang.

9. Tumbuh Jerawat atau Perubahan Warna Kulit

Beberapa perempuan hamil merasakan tumbuhnya jerawat yang lebih parah dari biasanya. Ada juga yang menunjukkan perubahan warna kulit, biasanya di area leher.

10. Sembelit

Progesterone yang meningkat dalam tubuh mempengaruhi sistem pencernaan makanan menjadi lebih lambat dan menyebabkan sembelit. Jika mengalami hal ini, terapkan menu diet tinggi serat.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono