When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

Orgasme Bikin Kulit Lebih Sehat, Lo

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 24 Januari 2019 | 20:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

“An orgasm a day keeps the doctor away..” Kalimat ini menggambarkan bahwa, selain kenikmatan, orgasme juga baik bagi kesehatan, khususnya kesehatan kulit.

1. Bebas dari stres

Orgasme bisa membuat pikiran tenang. Studi menunjukan bahwa rendahnya kadar oksitoksin di dalam darah berkaitan dengan tingkat stres yang tinggi, rasa tegang, dan gangguan kecemasan. Dan ketika stres, organ besar seperti kulitlah yang paling terdampak. Stres tak hanya memicu peradangan seperti psoriasis, tapi juga bisa memicu munculnya jerawat. Nah, orgasme akan membantu kita lepas dari stres sehingga kulit pun lebih sehat dan bersih.

 

Baca juga:  Mengejutkan, Ini Yang Bisa Terjadi Setelah Orgasme

 

2. Tidur lelap, kulit pun sehat

Ada hubungan kuat antara kurang tidur dan kesehatan kulit. Itu sebabnya dokter menyarankan tidur paling tidak 8 jam untuk memberi kesempatan kulit melakukan perawatan agar halus bercahaya. Sistem kekebalan dan peradangan akan sembuh sendiri selama kita tidur. Usai ogasme, biasanya kita akan tidur nyenyak sehingga kulit pun jadi lebih sehat.

3. Estrogen cegah penuaan

Studi yang dilakukan University of Michigan tahun 2009 menunjukkan bahwa orgasme akan meningkatkan kadar estrogen. Dan ini bagus, karena estrogen akan membantu mencegah penuaan dengan banyak cara. Yang pertama, estrogen mencegah berkurangnya kolagen, potein penting yang membantu mempertahankan kulit agar tetap awet muda. Estrogen juga bagus untuk melindungi lapisan kulit supaya tidak cepat berkerut. Selain itu estrogen juga menjaga kelembapan kulit.

| SHUTTERSTOCK

4. Muka sehat dan lebih segar 

Wajah terlihat lebih segar usai orgasme. Ya, ini karena selama aktivitas seks, terdapat peningkatan jumlah darah yang beredar di dalam tubuh, artinya makin banyak jumlah oksigen yang dikirimkan ke seluruh tubuh, termasuk wajah. Ketika pembuluh darah makin lebar, wajah pun akan terlihat lebih segar. Semakin banyak jumlah oksigen yang beredar juga akan meningkatkan produksi kolagen.

5. Bahagia bikin awet muda

Orgasme akan membuat kita merasa bahagia, bebas stres, dan kulit wajah sehat. Rona bahagia juga membuat kita terlihat lebih muda. Studi menunjukkan adanya hubungan antara senyum dan awet muda, semakin banyak kita melepas senyum bahagia, makin kita awet muda. 

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro