You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

Selain Angpao dan Barongsai, Ini Fakta Menarik Soal Imlek

author
Isna Triyono
Minggu, 27 Januari 2019 | 14:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Tahun baru Cina, atau kita kenal sebagai Imlek, identik dengan angpao dan dekorasi warna merah.

Tapi masih ada lagi fakta unik lainnya soal Imlek ini.

1. Orang Cina menyebut liburan Tahun Baru mereka ‘Festival Musim Semi’ atau chunjie.

2. Bukan cuma negara Cina yang merayakannya tetapi juga seperenam orang di dunia merayakannya seperti Hong Kong, Taiwan, Vietnam, Singapura.

Baca juga: Fakta Menarik Tentang Traveling

3. Dalam beberapa tahun terakhir, perayaan tahun baru Cina juga terjadi di Chinatowns di New York, London, Vancouver, Sidney. Tahun baru Imlek telah menjadi salah satu festival paling terkenal di dunia.

SHUTTERSTOCK |

4. Di mana pun orang Cina berada, ketika Imlek mereka akan mudik ke kampung halaman dan menjadikan ini migrasi manusia terbesar di dunia. Orang Cina menyebutnya sebagai chuyun atau migrasi musim semi.

5. Tahun 2018, migrasi chunyun mencapai 6,5 juta orang Cina.

6. ‘Guo nian hao’ adalah salam yang paling sering digunakan orang Cina di negaranya untuk mengucapkan selamat tahun baru.

7. Dalam cerita Tahun Baru Cina, "Nian" adalah monster yang kejam dan keji yang memakan ternak dan anak-anak. Tetapi Nian takut dengan warna merah dan suara cracker (seperti suara benda terbakar). Oleh karena itu, orang Cina menggunakan dekorasi serba merah dan menyalakan petasan serta kembang api untuk mengusir "Nian" di malam tahun baru.

SHUTTESRTOCK |

8. Saat makan malam bersama, salah satu menu yang harus ada adalah hidangan ikan yang melambangkan kelimpahan dan kesejahteraan. Namun ketika memakannya, ikan tidak boleh di balik. Satu sisi yang belum dimakan disimpan untuk dinikmati esok hari sebagai lambang surplus rezeki untuk di tahun berikutnya.

Baca juga: Minuman Bersoda Bikin Lebih Cepat Tua 4 Tahun

9. Jangan gunakan gunting, pisau, dan benda tajam lainnya saat tahun baru. Benda tajam dianggap bisa memotong aliran kekayaan dan kesuksesan kamu. Itu sebabnya 99% salon rambut di Cina tutup selama liburan tahun baru.

10. Momen mudik saat tahun baru Imlek membuat banyak lajang takut dicecar pertanyaan soal ‘kapan nikah’ dari pihak keluarga karena memiliki anak dan mewariskan nama keluarga adalah dalah satu budaya terpenting dalam budaya Cina. Jasa menyewakan pacar palsu pun meningkat saat liburan tahun baru Cina.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono