Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Atasi Rambut Rontok dan Ketombe Dengan Jojoba Oil, Ini 3 Caranya

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 11 Februari 2019 | 08:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Minyak ekstrak tanaman jojoba ini punya banyak manfaat bukan hanya untuk kulit wajah, tetapi juga kulit kepala dan rambut.

Sifat anti-inflamasi yang terkadung dalam jojoba oil bisa mengatasi peradangan di kulit kepala sehingga memperbaiki kerusakan rambut. Sedangkan sifat antibakterialnya melindungi kulit kepala dari infeksi.

Ada beberapa cara mudah memanfaatkan jojoba oil untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

Baca juga: Ingin Rambut Tumbuh Lebih Cepat, Ikuti 7 Cara Ini

Menyuburkan Rambut

Kulit kepala memproduksi minyak alami (sebum) yang membantu pertumbuhan rambut dan memperkuat folikel rambut. Jika kulit kepala tidak bisa memproduksi cukup sebum, kulit kepala menjadi kering, rambut cenderung kusut dan kering bahkan bercabang dan rontok.

Yang kamu butuhkan adalah jojoba oil untuk mengembalikan kelembapan alami kulit kepala. Caranya, campur jojoba oil dan coconut oil/almond oil, lalu panaskan dengan api kecil. Saat sudah dingin, oles pada kulit kepala dan rambut sambil dipijat perlahan. Diamkan 30-45 mamit, lalu cuci rambut dengan sampo.

SHUTTERSTOCK |

Membersihkan Kulit Kepala dan Ketombe

Yang jadi masalah bukan hanya kulit kepala yang kekurangan sebum, tetapi juga sebaliknya. Kulit kepala yang kelebihan sebum lama kelamaan terakumulasi dan menutupi folikel rambut. Akibatnya pertumbuhan rambut terganggu, lalu muncul ketombe.

Coba panaskan jojoba oil, lalu oles pada kulit kepala dan rambut. Tutup rambut dengan handuk hangat, dan diamkan selama 1,5 jam. Bilas rambut hingga bersih dengan sampo.

Baca juga: Rambut Lurus Tanpa Catok? Pakai 5 Masker Homemade Ini

Mengobati Infeksi Jamur

Infeksi jamur pada kulit kepala juga bisa menghambat pertumbuhan rambut. Jojoba oil dengan sifat antibakterialnya cocok untuk mengatasi infeksi tersebut.

Cukup panaskan jojoba oil lalu oles di kulit kepala setiap mau tidur. Diamkan semalaman dan keramas di pagi harinya.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi