To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

5 Bagian Tubuh Ini Sering Luput Dari Perawatan

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 10 Februari 2019 | 18:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Semakin betambah usia semakin menurun pula penampilan seseorang. Beberapa bagian tubuh mulai memperlihatkan tanda-tanda penuaan. Biasanya, fokus perawatan hanya pada bagian wajah dan mata yang mulai keriput. Padahal, ada bagian-bagian tubuh lain yang juga menunjukkan proses penuaan, lo.

 

1. Tangan

Tangan merupakan bagian tubuh yang nyaris selalu terekspos terhadap cuaca dan kondisi sekitar. Tak heran jika tangan menjadi salah satu bagian tubuh yang menunjukkan adanya proses penuaan. Kulit tangan biasanya akan menipis karena terpapar sinar matahari selama puluhan tahun. Agar tangan tetap kencang dan segar, gunakan krim tabir surya dan krim pencerah kulit.

2. Bibir

Meskipun bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang menunjukkan proses penuaan (garis bibir memudar dan tak penuh lagi), namun perawatan bibir sering terlewatkan. Hidrasi dan perlindungan dari sinar matahari sangat penting untuk merawat bibir agar tak cepat termakan usia.

Serum bibir yang mengandung antioksidan bisa diilih untuk merawat kesegaran bibir. Hindari gel yang tidak jelas kandungannya karena bisa menyebabkan iritasi. Akan lebih baik jika berkonsultasi dengan dokter untuk memilih jenis perawatan.

| SHUTTERSTOCK
3. Lutut

Semakin bertambah usia, kulit di atas lutut pun akan mengendur karena kehilangan elastisitasnya. Penurunan berat badan bisa menjadi salah satu penyebabnya juga, meskipun sebetulnya ini proses alamiah yang wajar. Untuk mencegah penuaan di area lutut, aplikasikan krim penambah kolagen dan krim pelembab. Jangan lupa rajin berolahraga agar kulit tetap kencang.

4. Leher

Seperti halnya wajah, area seputar leher juga merupakan area yang banyak terpapar oleh sinar matahari dan cuaca. Akibatnya area ini pun menjadi area yang paling terlihat proses penuaannya. Pemakaian bra yang ketat dan posisi tidur juga bisa membuat area di bawah leher menjadi berkerut. Rawat area ini dengan losion perawatan kulit dan krim tabir surya.

| SHUTTERSTOCK

5.Kaki 

Kaki merupakan bagian tubuh yang sering sekali terlewatkan perawatannya. Padahal, pemakaian sepatu atau alas kaki yang tak tepat bisa berdampak buruk bagi kaki. Struktur kaki bisa berubah gara-gara pemakaian alas kaki yag keliru, misalnya tulang kaki menonjol keluar. Sebaiknya rawat kaki dengan pelembab dan buang kulit mati secara teratur. Jika ada keluhan pada bagian kaki, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro