I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Kim Kardashian Idap Psoriasis, Apa dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

author
Ratih Sukma Pertiwi
Jumat, 15 Februari 2019 | 19:00 WIB
Psoriasis | SHUTTERSTOCK

Beberapa hari lalu bintang reality show Kim Kardashian memposting foto wajah dan kakinya yang terkena psoriasis. Ternyata tak sedikit orang yang mengidap penyakit autoimun ini. Yuk, ketahui lebih banyak tentang psoriasis, apa pemicunya, dan bagaimana cara mengatasinya.

Data dari The National Psoriasis Foundation, dilansir dari refinery29.com, paling tidak ada 7,5 juta warga Amerika yang mengidap psoriasis. Dan yang menyedihkan, psoriasis bisa berefek menurunkan tingkat kepercayaan diri. Hampir 60% perempuan mengaku psoriasis sangat mengganggu kualitas hidup mereka. Duh…

Apa Psoriasis?

David Nieves, MD, dermatologis dan ahli psoriasis serta Joshua Zeichner, MD direktur kosmetik dan riset klinis Mount Sinai Hospital, menjelaskan psoriasis merupakan penyakit autoimun yang muncul dalam bentuk lesi merah dan kering di permukaan kulit.

Kondisi autoimun ini membuat sistem kekebalan tubuh sangat reaktif terhadap sel-sel tubuh sehingga menyebabkan inflamasi. Dalam hal psoriasis, yang kemudian terjadi adalah produksi sel-sel baru yang berlebihan yang muncul pada permukaan kulit.

Psoriasis pada setiap orang berbeda, ada yang muncul sedikit, ada yang banyak. Pun bisa muncul di bagian kulit manapun, wajah, telapak tangan, bahkan kemaluan. Namun paling sering terdapat di siku dan kaki.

Apa Penyebabnya?

Belum diketahui pasti, namun kemungkinan disebabkan oleh genetis dan faktor lingkungan, seperti stres, merokok, udara dingin, obat-obatan tertentu seperti lithium, antimalaria, obat jantung.

Baca juga: 8 Gejala Serangan Jantung Pada Perempuan

Apakah Menular?

Ada tujuh jenis psoriasis: plaque, scalp, nail, dan guttate (biasanya dipicu oleh infeksi bakteri), inverse (bercak merah di ketiak, area kemaluan, di bawah dada), pustular (luka melepuh), erythrodermic (ruam merah mengelupas di seluruh tubuh). Di antara semuanya, plaque paling umum diidap, berwarna pink atau merah dan bersisik.

“Namun tak perlu khawatir, psoriasis tidak menular karena sentuhan,” terang Dr.Nieves.

Baca juga: 10 Makanan Pereda Stres

Bagaimana Mengatasinya?

Banyak pakar berpendapat psoriasis tak dapat disembuhkan. Namun ada treatment yang dapat meredakannya dan diresepkan oleh dokter, seperti krim anti-inflamasi, obat oral, atau injeksi. Selain itu, ada beberapa cara lain untuk meredakan psoriasis, yaitu:

1.Ultraviolet Light Phototherapy

Memperlambat pertumbuhan sel kulit yang terpapar psoriasis dengan cara mengekspos kulit pada sinar UVB artifisial dalam dosis tertentu.

Light therapy | Shutterstock

2.Sampo Antiketombe

Dr. Zeichner merekomendasikan sampo antiketombe untuk psoriasis di kulit kepala dan rambut.

3.Makeup

Menutupi psoriasis dengan makeup bisa saja, namun hati-hati ketika membersihkan makeup. Sebaiknya hindari menggosok terlalu keras agar kulit tidak iritasi. “Gunakan pembersih dan pelembap untuk kulit sensitif,” saran Dr. Zeichner.

Baca juga: 10 Aturan Pakai Foundation Agar Makeup Terlihat Natural

4.Treatment Herbal

The National Psoriasis Foundation mengatakan bahan herbal dan alami seperti aloe vera, cuka apel, dan capsaicin (sumber pedas pada cabai), tea-tree oil, dan kunyit bisa digunakan untuk meredakan keluhan psoriasis.

5.Blueberry

Kim Kardashian berbagi di laman medsosnya tentang pengobatan alami psoriasisnya dengan mengonsumsi blueberry smoothie yang kaya antioksidan sebagai detoks. Ide ini berasal dari Medical Medium, perusahaan milik Anthony William, penulis buku bestseller Medical Medium, Life Changing Foods, Thyroid Healing, and Liver Rescue.

Blueberry shake | Shutterstock

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi