Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Bikin Sendiri, 4 Variasi Body Scrub Untuk Kulit Sehat

author
Ratih Sukma Pertiwi
Minggu, 24 Februari 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Dengan bahan-bahan yang ada di rumah, kamu bisa membuat body scrub yang membuat kulit lebih sehat.

“Dengan eksfoliasi rutin 1-2 kali seminggu, kulit menjadi lebih lembut, lembap, dan sehat,” ujar dermatologis Ava Shamban, MD dan penulis buku Heal Your Skin.

Berikut ini 4 variasi body scrub yang bisa dengan mudah kamu bikin sendiri di rumah.

1.Body Scrub Himalayan Salt  

Himalayan salt mengandung mineral yang berguna untuk kulit. Kelebihannya lagi, butiran garam lebih mudah larut sehingga tidak membuat kulit iritasi.

Cara Membuat: Campur 1 cangkir Himalayan salt dengan ½ cangkir natural oil favorit kamu, seperti olive oil, almond oil, jojoba oil, walnut oil, avocado oil, dan sebagainya. Untuk menambah wangi, bisa tambahkan beberapa tetes essential oil, seperti lavender atau calendula.

SHUTTERSTOCK |

2.Body Scrub Minyak Kelapa Gula Oatmeal

Oatmeal memberi kelembapan alami, sedangkan coconut oil bersifat anti-inflamasi. Tapi jika kulit kamu acne prone, lebih baik ganti coconut oil dengan argan, sunflower, atau safflower.

Cara Membuat: Cairkan 2-3 sendok makan coconut oil, campur dengan ½ cangkir brown sugar dan ¼ cangkir oatmeal. Gunakan scrub ini dalam sehari karena lebih dari itu oat menjadi terlalu lunak.

Baca juga: Yuk, Bikin Scrub Apel Untuk Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

3.Body Scrub Avokad Madu

Avokad mengandung vitamin dan antioksidan yang menutrisi kulit, sedangkan madu mengandung antiseptic dan anti-inflamasi. Kelebihannya, scrub ini bisa digunakan untuk wajah.

Cara Membuat: Haluskan ½ buah avokad, 3 sendok the madu, dan 2 sendok makan cornmeal. Pijat perlahan pada wajah dan tubuh yang sudah dibasahi.

SHUTTERSTOCK |

4.Body Scrub Matcha Green Tea

Matcha kaya antioksidan yang melindungi kulit dari paparan sinar UV. Green tea mengandung kafein yang mengatasi ruam kemerahan, jerawat, rosacea.

Cara Membuat: Campur 1 cangkir gula, 1 sendok teh bubuk matcha green tea, 1 sendok teh daun teh hijau, dan beberapa sendok jojoba oil hingga campuran berbentuk pasta.  

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi