We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Stres Bisa Bikin Gigi Tanggal, Benarkah?

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 27 Februari 2019 | 18:59 WIB
| SHUTTERSTOCK

Benarkah stres bisa menyebabkan gigi rusak, bahkan tanggal?

“Aku kehilangan gigi depanku,” kata Demi Moore saat tampil sebagai bintang tamu acara The Tonight Show, tahun 2017 silam. Menurut aktris yang ngetop lewat Ghost ini, penyebab giginya tanggal adalah karena stres.

“Penginnya sih aku bilang, gigiku tanggal karena jatuh pas main skateboard atau penyebab lain yang lebih keren, tetapi setelah kupikir-pikir, ini penting dan musti aku share,” katanya kepada Jimmy Fallon yang memandu acara tersebut.

Belakangan, kehidupan Demi Moore memang agak berantakan, salah satunya ia harus berhadapan dengan hukum setelah seorang tamu tewas di kolam renang rumahnya tahun 2015 lalu.

| Mike Coppola

Tapi, benarkah stres bisa merusak gigi juga? Pertanyaan ini patut dilontarkan karena setelah pernyataan pertama, Demi Moore meralat ucapannya dan mengaku kepada Fallon bahwa giginya tanggal karena ia salah menggigit. Saat tampil di The Ellen DeGeneres Show tahun 2010 ia juga membuat pengakuan yang sama, giginya tanggal karena salah menggigit makanan.

Menurut drg. Marc Lowenberg dari New York, stres memang bisa membuat seseorang jadi suka menggemeretakkan gigi hingga menimbulkan bunyi. Kebiasaan yang disebut bruxism ini, baik ketika tidur maupun terjaga, bisa merusak enamel gigi sehingga membuat gigi retak atau pecah serta merusak sendi rahang. “Gigi seseorang bisa menunjukkan apakah dia stres atau tidak dari kebiasaan bruxism tadi,” kata Lowenberg.

Baca juga: Merawat Penderita DBD Di Rumah

Stres juga bisa menyebabkan radang sehingga memicu gangguan pada gusi. Studi tahun 2006 di Journal of Periodontology menunjukkan, perempuan depresi terbukti bisa mengalami gangguan pada giginya dan radang gusi. “Ini menunjukkan bahwa depresi sangat mungkin menganggu fungsi kekebalan tubuh yang bisa merusak gigi,” lanjut Lowenberg.

Menurut American Academy of Periodontology, gangguan pada gusi (gingivitis dan periodontitis) merupakan penyebab utama gigi tanggal pada orang dewasa. Gangguan pada gusi bisa semakin parah karena merokok, nutrisi kurang, obesitas, obat-obatan tertentu, dan bruxism. Tapi, meski seseorang diterpa stres berat, ia tak perlu khawatir giginya bakal tanggal. “Gigi manusia itu sangat kuat, begitu juga tulang yang menopangnya.”

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro