Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

7 Alasan Mencoba Baby Led Weaning

author
Isna Triyono
Rabu, 6 Maret 2019 | 10:26 WIB
SHUTTERSTOCK |

Beberapa ibu mempertimbangkan untuk mencoba baby led weaning ketika bayi mulai memasuki masa MPASI.

Baby led weaning atau memberi kesempatan bayi untuk memegang dan menyuap sendiri makanannya (biasanya MPASI pertamanya bukan berbentuk pure) semakin banyak dipilih para ibu untuk bayi mereka.

Berikut ini 7 alasan kamu untuk mencoba baby led weaning.

1. Makan Makanan yang Sama

Kamu enggak perlu menyiapkan makanan bayi khusus karena bayi bisa memakan makanan yang sama dengan anggota keluarga lain.

Baca juga: Boleh Gunakan Dot Atau Empeng, Asal …

SHUTTERSTOCK |

2. Lebih Mudah

Membuat bubur bayi tentu memerlukan waktu khusus. Dengan baby led weaning, kamu hanya perlu menyesuaikan potongan makanan yang akan diberikan pada bayi. jangan terlalu besar atau terlalu kecil untuk mencegah tersedak.

3. Belajar Mengunyah

Bubur bayi memang mudah ditelan bayi tetapi dengan memberikan makanan padat, bayi justru bisa lebih cepat belajar mengunyah. Bayi bisa belajar bagaimana menggerakkan lidah untuk membuat makanan bisa terkunyah.

SHUTTERSTOCK |

4. Mencoba Banyak Rasa

Dengan memberi makanan padat, bayi bisa merasakan aneka makanan yang rasanya tentu saja berbeda. Bayi bisa belajar bahwa jenis makanan sangat banyak, begitu juga rasanya.

5. Makan Bersama Keluarga

Dengan membiarkan bayi memegang sendiri makanannya, ia juga bisa ikut berpartisipasi saat makan bersama keluarga di meja makan.

Baca juga: Perhatikan, Ini 5 Tanda Bayi Lapar

SHUTTERSTOCK |

6. Mengurangi Kemungkinan Jadi Picky Eater

Karena mengunyah jenis makanan dan rasa yang berbeda sejak dini, membuat kecil kemungkinan bayi tumbuh menjadi picky eater.

SHUTTERSTOCK |

7. Keterampilan Makan di Meja Makan

Mungkin di awal baby led weaning, sesi makan akan berakhir dengan sangat berantakan. Namun hal itu justru menjadi modal bayi untuk kelak memiliki keterampilamn makan di meja makan yang lebih baik. Seiring bertambah usia, kenalkan bayi untuk menggunakan sendok dan garpu.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono