Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

7 Tips Agar Tummy Time Lebih Mudah Untuk Bayi

author
Isna Triyono
Selasa, 12 Maret 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Tummy time atau tengkurap sangat banyak manfaatnya untuk perkembangan bayi.

Tummy time atau tengkurap membantu memperkuat otot leher, lengan, dan tangan untuk keterampilan motorik halus mereka.

Selain itu, tummy time juga membantu mengembangkan otot-otot yang mereka perlukan untuk merangkak.

Sebenarnya kamu bisa melatih bayi untuk tummy time sejak bayi berumur 2 hari dengan durasi yang singkat.

Baca juga: Cara Melatih Bayi Tengkurap dan 5 Manfaatnya

Berikut ini tips agar tummy time lebih mudah untuk bayi:

1. Skin to Skin

Lakukan skin to skin dengan meletakkan bayi di atas dada kamu dengan posisi berbaring. Skin to skin di atas dada bisa membuat bayi lebih tenang, kamu pun bisa menatap wajahnya langsung.

SHUTTERSTOCK |

2. Mulai Lebih Awal

Seperti yang disebutkan tadi, sejak umur 2 hari, bayi sudah bisa dilatih tummy time. Semakin awal latihan tummy time, bayi akan semakin cepat terbiasa dengan posisi tengkurap.

3. Beri Pijatan

Saat bayi tengkurap, beri pijatan lembut dari bagian punggung hingga ujung jari-jari kakinya. Pijatan lembut membuat bayi lebih rileks dan merasa nyaman dalam posisi tengkurap.

Baca juga: 7 Alasan Mencoba Baby Led Weaning

SHUTTERSTOCK |

4. Beri Suara ‘Suush’ di Telinga

Jika bayi langsung menunjukkan reaksi tidak nyaman saat tummy time, kamu bisa memberi suara ‘suush’ dengan lembut di telinga mereka. Suara ‘suushh’ juga membuat mereka nyaman.

5. Alas Bantal Bayi

Gunakan bantal bayi sebagai alas mereka tengkurap. Letakkan bantal kecil di area dada dan atur lengannya agar berada di posisi depan, bukan di belakang. Posisi ini bisa membuat bayi nyaman dan melatih kekuatan otot lengan.

SHUTTESRTOCK |

6. Cermin

Letakkan cermin di lantai agar bayi bisa melihat refleksi dirinya. Rasa penasaran bayi dengan objek yang dlihatnya bisa membuat durasi tummy time lebih lama.

7. Jangan Menyerah

Jika bayi selalu menangis saat tummy time, jangan menyerah. Ulangi di lain waktu secara rutin agar mereka terbiasa dengan posisi tengkurap.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono