Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

5 Tips Membantu Bayi Belajar Berjalan

author
Isna Triyono
Rabu, 13 Maret 2019 | 10:15 WIB
SHUTTERSTOCK |

Tahun pertama bayi akan dipenuhi dengan banyak perkembangan.

Namun dari semua perkembangan bayi, yang paling dinanti adalah momen ketika bayi mulai pertama kali berjalan.

Apalagi akan banyak pertanyaan dari orang sekitar tentang apakah bayi kamu sudah bisa berjalan atau belum.

Bayi biasanya akan memulai langkah pertama mereka di usia 9 – 15 bulan. Sebelumnya mereka akan melewati tahan duduk, mencoba berdiri, dan berjalan.

Baca juga: 7 Tips Agar Tummy Time Lebih Mudah Untuk Bayi

Kamu bisa mencoba cara berikut ini untuk membantu bayi belajar berjalan.

1. Posisi Duduk

Saat bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa bantuan apapun, berikan mainan yang membuat bagian pinggang ke atas bergerak. Misalnya memberikan mainan bola, lalu kamu gerakkan bola ke kiri dan ke kanan.

Bayi yang antusias akan mencoba meraih bola mengikuti gerakan bola tadi. Cara bermain itu bisa melatih kekuatan otot di bagian pinggangnya.

SHUTTERSTOCK |

2. Lebih Lama Main di Lantai

Tempatkan bayi lebih lama bermain di lantai agar ia memiliki banyak kesempatan melatih ototnya untuk duduk, merangkak, dan akhirnya mencoba melangkah.

3. Mainan Dorong

Beri bayi mainan atau sesuatu yang bisa ia dorong sambil melatih berjalan. Mainan dorong ini bisa lebih cepat melatih ia berjalan daripada dengan bantuan orang tuanya karena bayi bisa mandiri menentukan kapan harus berjalan atau berhenti.

Baca juga: 7 Foto Bayi yang Sebaiknya Jangan Post di Media Sosial

SHUTTERSTOCK |

4. Jangan Panik

Saat bayi belajar berjalan sendiri, ia pasti akan beberapa kali terjatuh. Meski kamu panik, namun jangan berteriak kaget atau buru-buru memberi pertolongan pada bayi untuk bangkit kembali.

Sebagian besar bayi yang terjatuh menangis justru karena melihat reaksi ibunya yang panik.

5. Beri Pujian

Memberi pujian ketika bayi berhasil rembetan dengan bantuan kursi atau meja, bisa menambah kepercayaan dirinya untuk mencoba melangkah sendiri.

 

 

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono