I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

7 Tips Mencegah Heartburn Saat Hamil

author
Isna Triyono
Selasa, 19 Maret 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Heartburn atau sensasi panas dan perih pada bagian dada sering dialami ibu hamil.

Penyebab heartburn pun bermacam-macam, mulai dari hormonal, kondisi rahim yang makin membesar dan mendorong asam lambung naik, hingga karena makan-makanan yang asam dan pedas.

Biasanya heartburn kerap muncul saat kehamilan memasuki trimester tiga.

Agar meredakan atau meminimalkan terjadinya heartburn, kamu bisa mencoba tips berikut ini.

Baca juga: 5 Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan Pada Dokter Kandungan

1. Jangan Makan Larut Malam

Makan saat larut malam mengganggu pencernaan yang menyebabkan heartburn. Saat makan malam, usahakan menyantap lebih banyak protein dan hindari makan makanan pedas dan berlemak.

2. Posisi Kepala Lebih Tinggi

Saat tidur, usahakan kepala dan tubuh bagian atas posisinya lebih tinggi dari tubuh bagian bawah untuk menghindari asam lambung naik ke kerongkongan.

Jika enggak ada maternity pillow, kamu bisa meletakkan 1-2 bantal di belakang punggung dan kepala.

3. Cukup Tidur

Saat malam kamu selalu terbangun karena ingin pipis, mungkin bisa mengganti kekurangan jam tidur di siang hari. Cukup tidur bisa mengurangi tingkat stress dan menurunkan risiko asam lambung naik.

4. Makan Porsi Kecil Tapi Sering

Makan dalam jumlah banyak membuat kamu lebih berisiko mudah terkena heartburn. Sebaiknya makan dalam prosi kecil namun sering. Misalnya 5-6 dalam sehari.

Hindari juga perut sampai merasa kelaparan karena membuat asam lambung naik. Kamu bisa ngemil sehat di antara waktu makan.

Baca juga: 5 Hal Tentang Plasenta Previa yang Harus Kamu Ketahui

SHUTTERSTOCK |

5. Hindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda bisa membuat perutmu kembung dan dipenuhi oleh gas. Selain minuman bersoda, ada pula makanan yang bisa membuat kamu kembung karena mengandung gas, yaitu brokoli, kacang-kacangan, dan bawang.

6. Makan Perlahan

Kunyah makanan secara perlahan dan santai agar tidak membebani perutmu yang ujungnya membuat gangguan pencernaan termasuk heartburn.

7. Bergerak Setelah Makan

Berjalan-jalanlah di sekitar ruangan agar makanan cepat turun. Hanya duduk atau bahkan tidur setelah makan, justru akan memperbesar risiko heartburn.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono