I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Merayu Pasangan, Salah Satu Cara Menjaga Keharmonisan

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 25 April 2019 | 20:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

  Pernikahan yang bahagia bukan semata karena cinta atau harta, tetapi bagaimana pasangan suami istri memiliki komitmen utuk saling menjaga rumahtangga mereka. Beberapa tips berikut merupakan hal-hal kecil yang bisa menjaga keutuhan rumah tangga.

1. Belajar dari kesalahan

Dalam kehidupan rumahtangga, konflik adalah hal wajar yang tak bisa dihindarkan. Kuncinya, mau saling memaafkan dan mau belajar dari kesalahan. Jika kedua pihak mau melakukan ini, rasanya hubungan akan baik-baik saja.

2. Jangan berharap sempurna

Tak ada manusia yang sempurna. Jadi, sesekali berbuat salah adalah hal wajar. Jangan berharap segalanya akan berjalan sempurna. Berharap pada kesepurnaan justru akan merusak hubungan.

3. Jangan pelit pujian

Hal-hal kecil yang kelihatannya sepele ternyata bisa memperkuat hubungan. Salah satunya selalu memberikan pujian terhadap apa-apa yang dilakukan pasangan. Lakukan ini sejak bangun sampai mau tidur lagi.

Baca juga: 6 Tips Menghadapi Pasangan Yang Workaholic 

4. Hindari kata “cerai”

Jangan sekali-sekali melontarkan tantangan untuk bercerai, bahkan ketika kamu dan pasangan sedang berdebat panas. Pernikahan adalah sesuatu yang penting dan terlalu suci untuk diselesaikan hanya akibat ego masing-masing. Ingat, setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

5. Merayu pasangan

Seks yang sehat juga menjadi faktor penting menjaga kaharmonisan rumah tangga. Sesekali, goda dan rayu pasangan dengan kata-kata atau tindakan mesra. Bisa melalui pesan whatsapp, sentuhan, atau ciuman kecil ketika berpapasan di ruang keluarga.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro