Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

Cari Rental Mobil di Tempat Liburan, Simak 7 Tips Ini

author
Isna Triyono
Jumat, 26 April 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Liburan enggak bisa lepas dari urusan sewa-menyewa mobil.

Apalagi jika kamu liburan bareng keluarga dan anak-anak. Lebih aman dan nyaman memang menyewa mobil.

Nah, supaya terhindar dari hal enggak mengenakan, sebaiknya ikuti tips berikut ini sebelum kamu menyewa mobil.

1. Cari Referensi

Meski saat ini sangat mudah mencari informasi soal rental mobil tapi sebaiknya minta referensi dari teman yang sudah pernah menggunakan jasanya. Kamu bisa mendapat testimoni yang akurat, mulai dari harga, service pemilik, hingga kondisi mobil.

Baca juga: Nonton Avengers: Endgame, Wajib Siapin Ini!

2. Bandingkan Harga

Cari perbandingan harga dari beberapa rental mobil. Jangan tergiur dengan harga yang super murah dan kurang wajar. Sebaiknya cari harga rata-rata agar kamu bisa mendapat harga yang wajar.

3. Pesan Jauh-Jauh Hari

Meski pesan jauh-jauh hari enggak berpengaruh terhadap harga, karena harga sewa mobil enggak fluktuatif seperti tiket pesawat, tapi kamu bisa punya banyak pilihan terhadap jenis dan kondisi mobil.

Jika kamu menyewa di hari H, tentu enggak banyak pilihan mobil yang bisa kamu sewa.

SHUTTERSTOCK |

4. Pastikan Aturan Waktu Sewa

Misalnya waktu sewa dihitung mulai kapan, maksimal mobil dikembalikan, atau besaran denda yang harus dibayar per jam. Hal seperti itu harus diperjelas di awal agar kamu bisa memperhitungkan biaya yang harus kamu bayar.

5. Foto Mobil

Jangan lupa untuk minta dikirimkan mobil yang akan kamu sewa, mulai dari bagian luar hingga kabin. Dengan begitu, kamu bisa membayangkan kondisi mobil yang akan kamu gunakan.

Baca juga: 7 Cara Berhemat Saat Traveling

6. Jasa Sopir

Tanyakan juga soal apakah tersedia jasa sopir dari pihak rental. Lebih baik jika pihak rental juga menyediakan jasa supir, just in case ada hari-hari kamu ingin santai dan enggak mau capek nyetir.

7. Tempat Penjemputan dan Pemulangan

Pastikan rental mobil yang kamu pilih menyediakan antar jemput ke lokasi awal hingga mobil selesai dipakai, misalnya di bandara, stasiun, atau hotel.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono