You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Tips Jitu Menghilangkan Perasaan Takut Jelang Persalinan

author
Isna Triyono
Selasa, 30 April 2019 | 10:35 WIB
SHUTTERSTOCK |

Bagi perempuan hamil, enggak ada yang lebih membahagiakan selain bisa melihat langsung bayinya yang telah lahir.

Dan sebelum menuju ke sana, perempuan harus melewati proses persalinan normal ataupun Caesar. Bagi beberapa perempuan, terutama yang baru pertama kali melahirkan, proses persalinan sangat menakutkan dan membuat enggak bisa tidur membayangkannya.

Jika kamu termasuk salah satu dari perempuan yang sering ketakutan membayangkan proses persalinan nanti, bisa coba ikuti tips berikut ini.

Baca juga: 5 Manfaat Luar Biasa Berenang Bagi Ibu Hamil

1. Ngobrol dengan Ibu Lainnya

Hubungi teman atau saudara yang sudah pernah melahirkan sebelumnya dan mintalah mereka berbagi pengalaman. Meski beberapa akan memberikan pengalaman kurang mengenakan saat persalinan, tapi kamu bisa lihat mereka sekarang baik-baik aja, kan?

2. Berdoa dan Meditasi

Berdoa bisa meringankan perasaan takut dan cemas. Kamu bisa berdoa dan yakin jika akan diberi kemudahan saat persalinan nanti.

Kamu juga bisa bermeditasi untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan oikiran jelek.

SHUTTERSTOCK |

3. Afirmasi Positif

Fokuskan pikiran kamu untuk hal-hal yang positif dan menyenangkan, misalnya sebentar lagi kamu akan bertemu bayimu. Afirmasi positif bisa meredakan rasa cemas dna ketakutan.

Baca juga: Babymoon Menggunakan Pesawat, Perhatikan 5 Hal Ini

Tanamkan dalam pikiranmu bahwa sudah miliyaran perempuan berhasil melewati proses persalinan, kamu ditangani oleh dokter atau bidan yang berpengalaman, atau tubuhmu memang digariskan untuk bisa melahirkan.

4. Perbanyak Pengetahuan

Perbanyak mencari informasi tentang proses persalinan. Pikiran yang dipenuhi dengan banyak informasi bisa menangkal perasaan takut.

5. Baca Kisah Inspiratif

Perbanyak membaca atau menonton kisah inspiratif perempuan agar kamu bisa terpengaruh untuk menjadi berani dan yakin menghadapi proses persalinan.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono