Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

Cara Mudah Agar Bayi Suka Sayur

author
Isna Triyono
Rabu, 24 April 2019 | 10:22 WIB
SHUTTERSTOCK |

Hampir semua ibu mengeluh bayi mereka enggak suka sayuran.

Padahal, suka atau enggak dengan sayuran hanya masalah pembiasaan aja.

Nah, supaya bayi suka dengan sayuran, memang harus dikenalkan sejak dini. Kamu bisa mencoba tips berikut ini agar bayi suka sayuran.

1. Kenalkan Lewat ASI

Seperti yang tadi dibilang, kenalkan citarasa sayuran sejak dini dan melalui ASI. Caranya, kamu juga harus makan sayur selama menyusui karena itu juga akan mempengaruhi rasa ASI.

Baca juga: Step By Step Melatih Bayi Tertidur Sendiri

Bayi cenderung lebih mudah menerima rasa jika sudah mengenal sebelumnya lewat ASI. Jadi, usahakan selalu ada sayur di piring setiap kali kamu makan.

2. Salah Satu Makanan Padat Pertamanya

Jadikan sayuran sebagai salah satu makanan padat pertamanya. Kamu bisa membuat pure dari sayuran dengan rasa manis atau beraroma ringan, seperti wortel atau labu.

SHUTTERSTOCK |

3. Hindari Sayuran Dengan Gas Tinggi

Untuk masa pengenalan, sebaiknya hindari memberi bayi sayuran dengan kandungan gas tinggi seperti kembang kol, brokoli atau kacang-kacangan. Atau untuk mengurangi efek gas, kamu bisa mencampurnya dengan sayuran lain seperti kentang.

4. Abaikan Wajah Tak Enak

Bayi biasanya akan memberikan wajah enggak enak saat diberi makan sayur. Hal itu wajar karena ia baru merasakan sayuran pertama kali. Jangan mendukungnya dengan ucapan, ‘enggak enak ya?.’

Sebaiknya justru berkata, ‘enak, kan? Ini makanan enak lo.’ Kondisikan agar makan sayur seperti pengalaman menyenangkan.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

SHUTTERSTOCK |

5. Beri Rasa Manis

Agar makan sayur menjadi pengalaman yang menyenangkan, kamu juga bisa mencampur dengan buah atau ASI agar bayi mudah menerima sayuran.

6. Sajikan Setiap Hari

Memberi makan beberapa sendok teh sayuran setiap hari selama satu minggu dapat membuat bayi terbiasa dengan rasanya.

Terlepas dari reaksi bayi menyukainya atau menunjukkan wajah enggak suka, sebaiknya tetap berikan sayur setiap hari agar ia menjadi lebih terbiasa dan menerima rasanya.

7. Beri Contoh

Bayi sangat suka mencontoh. Begitu pula untuk urusan kebiasaan makan sayur. Sebagai orangtua, kamu sebaiknya memberi contoh dengan makan sayur setiap hari. Biarkan bayi melihat ada sayuran di atas piring makanmu.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono