Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Step By Step Melatih Bayi Tertidur Sendiri

author
Isna Triyono
Selasa, 23 April 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Seperti sudah menjadi kewajiban jika bayi yang ingin tidur harus dikelonin ibunya.

Padahal sangat penting untuk melatih kemampuan bayi untuk tidur sendiri lo. Bayi menjadi lebih disiplin soal jam tidur dan lebih mandiri.

Kamu juga bisa mulai melatih agar bisa tertidur sendiri.

1. Jadwal yang Teratur

Tetapkan jam tidur yang teratur dan konsisten. Jadwal tidur yang teratur membuat bayi juga siap saat waktu tidurnya tiba.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

2. Tidur Lebih Awal

Saat mulai mencoba melatih bayi untuk tertidur sendiri, sebaiknya dilakukan lebih awal, misalnya satu jam lebih awal. Bayi yang sudah terlanjur ngantuk biasanya lebih sulit untuk tertidur.

SHUTTERSTOCK |

3. Rutinitas Sebelum Tidur

Ciptakan rutinitas sebelum tidur, misalnya melap badan, mengganti baju tidur, membacakan cerita, dan mematikan lampu kamar. Lakukan rutinitas pada waktu yang sama setiap malam agar bayi mengerti setelah dibacakan cerita, lampu kamar dimatikan maka itu tandanya harus tidur.

4. Ditimang

Beberapa bayi butuh ditimang dan diayun-ayunkan perlahan agar bisa tertidur. Jika bayi kamu termasuk salah satunya, tetap gendong dan timang bayi hingga ia merasa nyaman dan siap tidur.

Baca juga: 7 Manfaat Luar Biasa Skin to Skin Untuk Bayi

5. Letakkan Saat Masih Terjaga

Terjaga bukan berarti bayi diletakkan dengan mata yang masih segar. Tetapi jika ia sudah setengah tertidur atau dengan mata setengah tertutup setelah ditimang. Hal ini untuk memberi tahu bayi bahwa ia akan tidur di dalam boksnya, bukan digendongan ibu.

Jangan menunggu bayi terlelap untuk diletakkan ke dalam box. Justru hal itu akan membuat bayi semakin susah tertidur sendiri di dalam box.

SHUTTERSTOCK |

6. Berikan Suara Menenangkan

Saat diletakkan, bayi mungkin akan terbangun. Kamu bisa berikan suara yang menenangkan dan akan dipakai seterusnya untuk meninabobokan bayi, misalnya suara ‘sssshhh…’.

7. Jangan Menyerah

Mengajari bayi untuk tertidur sendiri memang butuh kesabaran. Jika malam ini tidak berhasil, jangan putus asa. Mungkin bayi perlu waktu adaptasi agak lama. Jangan menyerah untuk selalu coba ajari bayi untuk tertidur sendiri.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono