If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

4 Cara Paling Efektif Mengatasi Rambut Rontok

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 2 Mei 2019 | 08:00 WIB
| Shutterstock

Rasanya cemas melihat gumpalan rambut rontok setiap habis keramas atau menyisir. Segera atasi dengan 4 cara paling efektif mengatasi rambut rontok.

Rambut rontok setiap hari normal terjadi. “Seiring bertambahnya usia, kekuatan rambut memang bakal berkurang dan teksturnya menipis,” jelas Doris Day, MD, professor dermatologi klinis di New York University Langone Medical Centers.

Namun jika rontoknya sangat parah, bahkan lebih dari 50-100 helai per hari, artinya ada sesuatu yang harus segera diperbaiki. Apalagi jika rambut rontok terjadi tiba-tiba dan drastis, “Ini bisa terkait masalah hormonal, tiroid, lupus, anemia atau alopecia (kebotakan),” lanjutnya.

Baca juga: 5 Hal yang Sering Luput Diperhatikan Bikin Rambut Rontok Makin Parah

Ada 4 cara paling efektif yang bisa kamu coba lakukan untuk mengatasi rambut rontok berikut:

1.Minoxidil

Merupakan bahan yang bisa mengatasi kerontokan rambut. “Minoxidil menambah ukuran folikel rambut sehingga memproduksi helaian rambut yang lebih tebalm: terang dermatologis Cleveland Clinic Wilma Bergfeld, MD. Kamu bisa mendapatkan minoxidil di apotek atau dengan resep dokter.

2.Sampo untuk rambut rontok

Kamu bisa memakai sampo untuk rambut rontok mengembalikan kelembapan alami kulit kepala sehingga rambut tumbuh lebih subur. Atau, sampo antiketombe dengan kandungan zinc pyrithione (ZPT) yang menghilangkan sel-sel kulit mati di kulit kepala sehingga menstimuli pertumbuhan rambut.

Baca juga: 9 Keajaiban Aloe Vera Untuk Kulit dan Rambut

| Shutterstock

3.Suplemen rambut

Coba gunakan perawatan atau suplemen rambut yang bisa membuat rambut tumbuh lebih lebat dan kuat. Pilih yang mengandung kombinasi protein ikan, zinc, biotin, vitamin C, E, keratin, ekstrak botani, dan niacin.

Baca juga: Atasi Rambut Rontok dan Ketombe Dengan Jojoba Oil, Ini 3 Caranya

4.Gaya hidup sehat

  • Hindari diet terlalu ketat, alkohol dan rokok.
  • Konsumsi asupan bernutrisi, terutama yang mengandung protein, zat besi, zinc, asam lemak omega 3, vitamin A, magnesium, vitamin B12. Ada pada daging merah, sayuran hijau, kacang-kacangan, ubi, ikan.
  • Pijatan di kepala saat menggunakan sampo atau suplemen rambut yang dioles bisa melancarkan peredaran darah di kulit kepala dan menstimuli pertumbuhan rambut.
  • Hindari seminimal mungkin penggunaan alat styling rambut.
  • Kelola stres, misalnya dengan olahraga atau meditasi.

 

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi