When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

7 Bahan Alami Hilangkan Kulit Kepala Gatal dan Ketombe

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 4 Mei 2019 | 10:00 WIB
Atasi ketombe dan kulit kepala gatal dengan bahan alami | shutterstock

Kulit kepala gatal bikin aktivitas harianmu jadi enggak nyaman. Apalagi jika ketombe sudah berjatuhan di baju saat kamu di tengah acara, duh rasanya pengin menghilang saja. Segera atasi dengan 7 bahan alami untuk menghilangkan kulit kepala gatal dan ketombe.

1.Lemon

Mengandung antiseptik yang mengatasi rasa gatal di kulit kepala. Coba campur air perasan lemon dan yoghurt. Oles merata pada rambut dan kulit kepala, diamkan 20 menit, lalu bilas.

lemon | Shutterstock

2.Aloe Vera

Gel aloe vera mengandung antibakteri dan pelembap alami. Belah aloe vera lalu kerok gelnya. Oles merata pada kulit kepala dan rambut, diamkan 20 menit, lalu bilas.

Baca juga: 9 Keajaiban Aloe Vera Untuk Kulit dan Rambut

3.Tea Tree Oil

Tea tree oil mengandung zat antijamur, antiinflamasi dan antibakteri yang bisa membasmi jamur penyebab gatal dan ketombe. Oles merata pada beberapa tetes tea tree oil di kulit kepala lalu pijat perlahan. Bungkus rambut dengan handuk hangat, diamkan 20 menit lalu keramas.

4.Minyak Kelapa

Atasi gatal dengan mengoles minyak kelapa murni pada kulit kepala. Jamur dan infeksi penyebab gatal pun hilang.

coconut oil | shutterstock

5.Cuka Apel

Sifat antiinflamasinya ampuh membunuh jamur dan bakteri penyebab kulit kepala gatal dan ketombe. Campur cuka apel dan air dengan perbandingan 1:1. Semprotkan pada kulit kepala setiap hari.

6.Jojoba Oil

Bersifat melembapkan sehingga kulit kepala terhindar dari kekeringan yang bisa memicu rasa gatal dan ketombe. Sebagai minyak alami, tingkat alergi jojoba oil pun sangat rendah sehingga aman untuk kulit sensitif. Teteskan jojoba oil pada kulit kepala, pijat-pijat perlahan, lalu keramas.

Baca juga: Atasi Rambut Rontok dan Ketombe Dengan Jojoba Oil, Ini 3 Caranya

7.Baking Soda

Campur 4 sendok makan baking soda dengan air, ratakan pada kulit kepala dan rambut. setelah 20 menit bilas hingga bersih.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi