There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

6 Kebiasaan Tak Baik Bagi Kesehatan Tulang Belakang

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 10 Mei 2019 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Apa saja yang bisa menyebabkan gangguan pada punggung dan tulang belakang? Berikut 6 di antaranya.

 

1. Salah memilih menu makan

Pemilihan makanan juga bisa menyebabkan peradangan pada punggung dan tulang belakang. Pilih makanan yang kaya protein rendah lemak, gandum utuh, buah dan sayuran, serta lemak sehat seperti avokad dan ikan salmon untuk membentuk otot, tulang dan jaringan lain di punggung. Jangan lupa konsumsi makanan sumber nutrisi seperti kalsium, fosfor, dan vitamin D.

2. Matras tak tepat

Untuk menyesuaikan dengan bentuk tubuh, pilih matras yang kuat tetapi cukup lembut. Matras yang ideal sangat tergantung masing-masing individu, gaya tidur, dan apakah kita sudah punya gangguan punggung.

Baca juga:  6 Penyakit Yang Bisa Dicegah Dengan Mencuci Tangan

3. Posisi tidur

Tidur miring adalah posisi tidur yang paling bagus untuk menghindari sakit di bagian punggung. Selipkan bantal atau guling di sela kaki untuk memberi tekanan pada paha dan punggung bawah. Posisi tidur seperti ini sangat tepat untuk mereka yang memiliki riwayat sakit punggung dan ibu hamil.

4. Terlalu lama duduk

Terlalu lama tidur akan menekan otot-otot punggung, leher dan tulang belakang. Duduk membungkuk juga akan memerburuk kondisi. Lebih baik duduk tegak, pilih kursi yang mensupport punggunng, atur ketinggian sehingga kaki bisa nyaman menapak di lantai. Yang paling baik adalah bangun dari duduk dan bergerak setiap setengah jam untuk mengistirahatkan tubuh dan punggung.

| SHUTTERSTOCK
5. Tidak pernah berolahraga

Kita akan lebih berisiko mengalami sakit punggung jika tidak berolahraga. Tulang belakang butuh support dari otot-otot perut dan punggung. Aktivitas seperti naik turun tangga atau mengangkat belanjaan sangat baik. Olahraga-olahraga low impact seperti berjalan, bersepeda, dan berenang bisa membantu melindungi disk antara tulang di tulang belakang. Jadikan aktivitas dan olahraga sebagai kebiasaan.

6. Memakai high heels

Memakai sepatu berhak tinggi (high heels) akan meningkatkan kerja otot-otot di punggung bawah dan merusak postur tubuh serta tulang belakang. Boleh-boleh saja memakai sepa high heels, tetapi sebaiknya menyiapkan sepatu yang lebih flat utuk aktivitas tak resmi. Peregangan kaki bisa membantu mencegah sakit dan otot tegang.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro