Don’t compromise yourself. You are all you’ve got. There is no yesterday, no tomorrow, it’s all the same day.
Janis Joplin

Masker 3 Bahan Untuk Hilangkan Rambut Kusam

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 14 Mei 2019 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Rambut cenderung kusam dan kering karena faktor nutrisi, terutama protein, yang kurang dan polusi lingkungan. Bahan-bahan alami sederhana yang mudah ditemukan ini bisa membantu mengatasi masalah kamu.

1.Putih Telur, Madu, Minyak Kelapa

Kekurangan protein adalah salah satu penyebab rambut terlihat kusam. Bahan kaya protein seperti putih telur membantu mengembalikan protein dan mengatasi kerusakan rambut.

Sedangkan madu untuk mengunci kelembapan rambut, dan minyak kelapa mencegah rambut kehilangan lebih banyak protein, vitamin serta mineral.

Campur 1 butir putih telr, 1 sendok teh minyak kelapa dan 1 sendok makan madu hingga berbentuk pasta. Basahi rambut dan oles campuran hingga ke kulit kepala. Pijat-pijat perlahan, bungkus dengan handuk hangat selama 20 menit. Bilas rambut hingga bersih dan keringkan dengan cara hanya diangin-anginkan.

Baca juga: Rambut Lurus Tanpa Catok? Pakai 5 Masker Homemade Ini

  1. Pepaya, Yoghurt, Madu

Pepaya mengandung enzim papain yang melembapkan dan menutrisi rambut kusam. Yoghurt mengandung protein dan asam lemak yang mengatasi rambut kering dan patah-patah. 

Campur 3 potong papaya matang, 1 cangkir yoghurt dan 1 sendok makan madu. Haluskan hingga berbentuk pasta lalu oleskan dari kulit kepala hingga ke ujung rambut. Diamkan 30 menit. Bilas hingga bersih.

Baca juga: Cerahkan Kulit Wajah dan Leher Dengan Masker Pepaya

| SHUTTERSTOCK

  1. Minyak Zaitun, Bunga Sepatu, Susu

Minyak zaitun bisa meresap ke dalam folikel rambut dan menstimuli antioksidan untuk memproteksi kulit kepala dari radikal bebas yang menyebabkannya kusam dan kering. 

Bunga sepatu mengandung vitamin B1 dan C yang memperbaiki kerusakan rambut. sedangkan susu mengandung protein yang melembapkan dan membuat rambut bercahaya.

Campur 1 sendok makan extra virgin olive oil, 2 sendok makan susu, dan 6-7 kuntum bunga sepatu.

Caranya, rendam bunga sepatu semalaman, lalu haluskan. Tambahkan minyak zaitun dan susu hingga membentuk pasta. Aplikasikan pada rambut dan kulit kepala, diamkan 30 menit. Bilas hingga bersih.

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi