Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

5 Pertanyaan yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja dan Cara Menjawabnya

author
Isna Triyono
Senin, 20 Mei 2019 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Wawancara sering kali jadi momok menakutkan bagi pencari kerja.

Karena selain modal percaya diri, saat wawancara kita juga harus sudah menyiapkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang kadang terdengar mudah tapi sulit untuk menjawabnya.

Apalagi kita juga harus mempertimbangkan apakah jawaban yang kita lontarkan memang sesuai dengan ekspektasi pewawancara.

Berikut ini 5 pertanyaan yang sering muncul saat wawancara kerja dan cara menjawabnya.

1. Ceritakan Tentang Diri Anda

Kesalahan yang paling banyak orang lakukan adalah dengan merangkum seluruh riwayat pekerjaan mereka. Padahal bukan itu yang ingin didengar pewawancara.

Atas pertanyaan tadi, kamu cukup siapkan beberapa hal tentang pencapaian, kekuatan, dan ringkasan karier kamu. Sampaikan jawaban dengan durasi 60-90 detik, jangan lebih dari itu.

Baca juga: 10 Tips Kerja Cerdas Agar Bisa Pulang On Time

2. Alasan Anda Tertarik dengan Posisi / Pekerjaan Ini

Saat menjawab, fokuslah pada apa yang akan kamu lakukan dalam pekerjaan itu dan membuat kamu bergairah berada di posisi itu.

Misalnya, “Saya sangat senang bertemu dan berinteraksi dengan orang baru. Jadi saya berharap keterampilan saya ini bisa menjaring klien baru dan pada akhirnya bisa memajukan perusahaan.”

3. Mengapa Anda Meninggalkan Perusahaan Lama

Pewawancara pasti enggak mau mendengar hal negatif soal kantor lama kamu. Beberapa alternative jawaban yang bijak antara lain ingin mencari tantangan baru atau mencari peluang untuk meningkatkan karier.

Baca juga: 5 Cara Agar Masalah Pribadi Tidak Mempengaruhi Pekerjaan di Kantor

4. Mengapa Perusahaan Harus Menerima Anda Bekerja di Sini

Ini artinya pewawancara ingin mengetahui apa yang akan kamu lakukan untuk perusahaan. Inilah saatnya kamu menggambarkan prestasi, kekuatan, dan keterampilan yang kamu miliki untuk digunakan demi kemajuan perusahaan yang baru.

5. Bagaimana Anda Melihat Diri Anda Dalam 5 Tahun ke Depan

Pewawancara ingin melihat bagaimana kamu menetapkan tujuan, mencapai tujuan, dan bagaimana memecahkan masalah.

Utarakan bahwa kamu adalah orang yang cepat belajar hal baru sehingga tujuan yang dicapai pun akan terdengar ambisius. Ceritakan pula selama ini cara yang kamu terapkan sukses mambawa kamu seperti saat ini dan berencana akan menerapkan hal yang sama agar mencapai kesuksesan kembali.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono