Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

6 Tips Tetap Fit dan Berenergi di Bulan Ramadan

author
Isna Triyono
Rabu, 22 Mei 2019 | 15:00 WIB
Tetap fit dan berenergi saat puasa | SHUTTERSTOCK

Berpuasa biasanya membuat tubuh menjadi lemas, mudah lelah dan sulit untuk konsentrasi. Padahal jika asupan bergizi terpenuhi, kita bisa, kok, berpuasa seharian dengan tetap fit dan berenergi.

Salah satu cara memenuhi asupan bergizi saat berpuasa adalah memerhatikan menu sahur dan buka yang tepat. Selama ini orang banyak yang salah kaprah tentang menu sahur dan berbuka dengan mengonsumi banyak karbohidrat agar kenyang. Padahal terlalu banyak karbohidrat justru membuat kamu cepat merasa mengantuk dan lapar.

Jadi apa saja yang harus dilakukan agar tubuh tetap fit dan berenergi selama bulan Ramadan? 

1. Jangan lewatkan sahur

Sahur adalah kesempatan kamu untuk makan asupan bergizi agar kuat berpuasa seharian dan menjalani aktivitas harian. Jadi jangan lewatkan waktu sahur hanya karena mengantuk.

Konsumsi karbohidrat kompleks yang lebih lama dicerna tubuh sehingga rasa lapar datang lebih lama. Kamu bisa mencoba nasi merah, roti gandum utuh atau kentang yang direbus/kukus/panggang.

Baca juga: Sahur Tanpa Ribet, Ini yang Wajib Dipersiapkan

2. Penuhi kebutuhan protein

Protein merupakan makronutrien yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar. Asupan protein yang cukup akan membantu kita menjaga daya tahan tubuh, membantu pembentukan tulang dan otot, memperbaiki dan memperkuat jaringan tubuh serta memaksimalkan perkembangan otak. 

Mengonsumsi menu sahur yang kaya protein akan membuat tubuh tetap fit dan berenergi selama berpuasa. Salah satu sumber terbaik protein hewani adalah daging merah. Selain rasanya lezat, daging merah juga bisa diolah menjadi beragam masakan yang menggugah selera.

Baca juga: Pentingnya Zat Besi Bagi Anak, Daging Merah Bisa Jadi Pilihan

Siapkan menu sahur berbahan daging merah yang disukai keluarga, misalnya daging sapi tumis saus teriyaki, shabu-shabu, Thai beef bowl, spicy meatball, dan sebagainya.

Penggunaan daging sapi Australia juga semakin membuat menu sahurmu berselera. Teksturnya sangat lembut dan membuat bumbu cepat meresap sehingga tak perlu waktu lama untuk memasak. Selain itu, daging sapi Australia juga penuh gizi yang bisa membuat tubuh tetap fit dan berenergi selama berpuasa.

Daging merah kaya protein yang membantu tubuh tetap fit | SHUTTERSTOCK

3. Air putih yang cukup

Air putih membuat tubuh terhidrasi dengan baik selama puasa. Kekurangan air putih bisa menyebabkan sakit kepala, kelelahan, sembelit hingga kulit kering.

Jadi meski berpuasa, pastikan tubuh tetap mengonsumsi 2 liter air putih dalam 24 jam. Caranya, minum air putih 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari (jam 8 malam hingga waktu tidur)

Baca juga: 8 Waktu Terbaik Minum Air Putih

4. Tetap berolahraga

Olahraga bisa membuat tubuh tetap fit saat berpuasa. Jika khawatir haus, kamu bisa menyiasatinya dengan berolahraga sebelum waktu berbuka dan pilih olahraga dengan gerakan yang ringan.

Baca juga: Olahraga Saat Puasa, Hindari Terik Matahari

5. Cukup tidur

Selama puasa otomatis waktu tidur berkurang. Ini membuat tubuh cepat lelah dan kurang bersemangat karena mengantuk.

Siasati dengan cara, misalnya mengubah jam tidur malam yang biasanya di atas jam 10 menjadi jam 8.30 setelah selesai salat tarawih. Atau dengan memanfaatkan waktu break kerja dengan power nap.

| SHUTTERSTOCK

6.Berbuka dengan yang bergizi

Selama ini orang banyak yang berbuka puasa dengan makanan khas misalnya gorengan, es sirop atau kudapan manis. Memang rasanya cukup nikmat dan mengenyangkan. Tetapi belum tentu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Sebaiknya berbukalah dengan menu-menu sehat bergizi. Buat kudapan berbuka seperti risoles daging, salad, smoothies sayuran, dan sebagainya. Lanjutkan dengan menu utama yang kaya protein, seperti daging merah, daging ayam atau ikan.

| SHUTTERSTOCK

 

#dagingsapiaustralia

 

 

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi