Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

Menyiapkan MPASI Anti Ribet Saat Mudik

author
Isna Triyono
Rabu, 29 Mei 2019 | 10:05 WIB
SHUTTERSTOCK |

Mudik dengan bayi usia 6 bulan ke atas pasti memerlukan peralatan ekstra yang dibawa.

Pasalnya, bayi 6 bulan ke atas sudah mulai makan makanan padat atau MPASI. Untuk menyiapkan MPASI yang sehat dan homemade, kamu pun harus membawa beberapa peralatan untuk mendukungnya.

Berikut ini list yang bisa kamu siapkan untuk membuat MPASI bayi saat mudik Lebaran.

1. Food Processor Manual

Food processor biasanya satu set yang terdiri dari saringan, alat penumbuk, pemeras jeruk, dan parutan. Sebaiknya bawa food processor dibanding blender atau slow cooker karena selain lebih ringkas dan enteng, food processor juga tidak memakan tempat banyak saat diperjalanan dan tidak memerlukan listrik.

Baca juga: Tips Hindari Bayi Dicium Orang Lain Saat Lebaran

SHUTTERSTOCK |

2. Alat Makan

Bawa alat makan 1 mangkuk, 1 piring, 1 skippy cup serta 2-3 sendok. Jumlah sendok yang lebih banyak untuk mengantisipasi bayi yang ingin memegang sendok juga saat makan.

3. Bip atau Slabber

Benda kecil ini kadang lupa dibawa padahal sangat membantu ketika kita memberi makan bayi untuk menjaga kebersihan bajunya. Sebaiknya bawa 2 bip berbahan plastik karena mudah dibersihkan, tinggal dilap basah.

SHUTTERSTOCK |

4. Buah Segar

Buah segar sangat membantu untuk MPASI bayi. misalnya pisang, kamu tinggal kupas dan kerok dagingnya. Jika ingin membawa papaya, sebaiknya sudah dipotong dan disimpan dalam wadah tertutup rapat.

5. Tepung Atau Biskuit

Saat ini sudah banyak tepung organik untuk MPASI anak yang tersedia dalam berbagai varian, seperti tepung kacang hijau, tepung beras merah, hingga tepung pisang. Tepung organik dan biscuit ini mudah disiapkan, kamu hanya perlu mencampurnya dengan air atau susu formula.

Baca juga: List Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Mudik Bareng Bayi

SHUTTERSTOCK |

6. Termos

Seperti yang dijelaskan tadi, beberapa jenis menu MPASI membutuhkan air panas untuk membuatnya. Pastikan isi termos selalu tersedia. Saat di rest area, kamu juga bisa membeli air panas di restoran atau warung.

7. Puree Beku

Sebelum berangkat mudik, siapkan aneka puree yang sudah dibekukan, misalnya puree buah atau sayuran. Selama di perjalanan, simpan puree di cooler box. Saat ingin dimakan, kamu tinggal panaskan dengan merendamnya di air panas dalam wadah atau mangkok.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono