Giving up doesn’t always mean you’re weak. Sometimes you’re just strong enough to let go.
Taylor Swift

Balikin Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran, Ini Tipsnya

author
Isna Triyono
Senin, 10 Juni 2019 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Libur pajang lebih sering membuat kita semakin malas untuk kembali bekerja. 

Banyak yang memanfaatkan libur Lebaran dengan mudik atau hanya sekadar staycation.

Sayangnya, setelah libur panjang, yang harusnya kamu punya semangat baru untuk kembali bekerja, yang terjadi justru sebaliknya. Kamu jadi merasa malas kembali bekerja, hilang semangat dan susah konsentrasi melakukan pekerjaan di kantor.

Gejala ini umum dialami orang setelah menikmati liburan yang cukup panjang.

Namun kamu bisa menyiasatinya agar tetap bersemangat di hari pertama kembali bekerja.

Baca juga: 5 Pertanyaan yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja dan Cara Menjawabnya

1. Beri Waktu Adaptasi

Sebaiknya kamu kembali dari liburan 1-2 hari sebelum masuk kerja. Tujuannya agar tubuh punya waktu untuk istirahat dan menghilangkan rasa lelah akibat perjalanan.

2. Kembali ke Rutinitas

Setelah kembali ke rumah, lakukan rutinitas seperti biasanya. Misalnya bangun pagi, mandi, dan mulai mengecek email. Hal ini agar secara psikis, kamu sudah siap kembali bekerja.

3. Menyapa di WhatsApp grup Kantor

Menyapa teman-teman di WAG kantor bisa membuat kamu semakin rindu ingin segera ngobrol dan makan siang bareng teman-teman. Kamu pun akan semakin bersemangat untuk berangkat ke kantor di hari pertama kerja.

SHUTTERSTOCK |

4. Mood Booster di Pagi Hari

Cari apa yang menjadi mood booster yang bisa kamu lakukan di pagi hari sebelum berangkat bekerja. Misalnya mendengarkan playlist favorit, minum kopi atau olahraga ringan. Dengan begitu, saat berangkat bekerja kamu sudah punya semangat kembali bekerja.

Baca juga: 5 Cara Agar Masalah Pribadi Tidak Mempengaruhi Pekerjaan di Kantor

5. Step by Step

Saat sudah berada di kantor, sebaiknya lakukan pekerjaan dari yang paling ringan terlebih dahulu. Seperti mesin, saat ‘sudah panas’ kamu siap menyelesaikan pekerjaan berikutnya yang lebih rumit. Lakukan semuanya step by step.

6. Pajang Foto Liburan

Foto-foto selama liburan bisa kamu pajang di meja kerja atau di-posting di media sosial. jadikan foto-foto tadi sebagai penyemangat kamu harus kembali bekerja, mengumpulkan uang untuk liburan lagi.

 

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono