The formula of happiness and success is just being actually yourself, in the most vivid possible way you can.
Merryl Streep

5 Hal yang Bikin Cemas New Mom Setelah Melahirkan Tapi Sebenarnya Hal Wajar

author
Isna Triyono
Selasa, 11 Juni 2019 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Meghan Markle kembali muncul setelah melahirkan putra pertamanya Archie, 6 Mei lalu.

Meghan tampil dalam balutan dress biru navy saat menghadiri Trooping The Colour untuk memperingati ulang tahun Ratu Elizabeth.

Kemunculannya langsung saja ramai dikomentari netizen di dunia maya. Mulai dari berat badannya, kantung mata hingga jerawat.

Sebenarnya, apa yang dialami Meghan Markle kerap jadi kekhawatiran new mom setelah melahirkan. Padahal, apa yang dikhawatirkan itu sebagian besar memang hal yang wajar dialami oleh semua perempuan pasca melahirkan.

Baca juga: 5 Cara Berkomunikasi dengan Janin Dalam Perut

Nah, apa aja sih hal bikin cemas new mom setelah melahirkan tapi sebenarnya adalah hal yang wajar?

1. ‘Sisa’ Baby Bump

Salah satu yang membuat perut kita seperti masih hamil 4-5 bulan, karena bentuk rahim yang masih membesar. Untuk mengembalikannya ke ukuran normal, caranya adalah dengan menyusui. Untuk menurunkan berat badan, kamu bisa olahraga tapi baiknya tunggu 6 minggu setelah melahirkan.

SHUTTERSTOCK |

2. Jerawat

Jerawat yang muncul saat masa postpartum sangat wajar kok. Ada yang muncul jerawat selama kehamilan, ada yang juga yang baru muncul setelah melahirkan. Penyebabnya adalah hormone.

Kamu bisa menghilangkan jerawat menggunakan obat-obatan alami misalnya dnegan mengoleskan minyak kelapa atau madu. Jangan lupa untuk selalu cucui muka, karena meski jerawat paska melahirkan lebih banyak disebabkan faktor hormone, tapi neggak ada salahnya juga menjaga kebersihan area wajah.

3. Produksi ASI Kurang

Banyak new mom khawatir soal produksi ASI yang kurang untuk bayinya. Padahal, produksi ASI memegang prinsip supply dan demand. Artinya semakin sering bayi menyusu, maka produksi ASI juga akan semakin banyak, sesuai permintaan.

Jangan lupa juga untuk memperbanyak minum air putih, makan makanan bergizi, dan menghilangkan stress, karena ibu yang stress akan menghambat produksi ASI.

Baca juga: 3 Alasan Kenapa Berat Badan Enggak Turun Ketika Menyusui

SHUTTERSTOCK |

4. Tidak Bisa Merawat Bayi Dengan Baik

Hampir semua new mom pasti pernah merasakan kekhawatiran seperti ini. Hal itu wajar kok. Tapi naluri seorang ibu pasti lebih kuat untuk menuntun kamu memberikan yang terbaik untuk anak.

Jika khawatir karena enggak bisa menggendong, mengganti popok, atau memandikan bayi, tenang aja karena semua itu akan bisa karena jam terbang. Setiap hari mengurus bayi sendiri tentu akan membuat kamu semakin mahir.

5. Suami Enggak Tertarik Lagi

Setelah melahirkan, otomatis bentuk tubuh akan mengalami perubahan. Hal ini kerap membuat new mom khawatir suami enggak tertarik lagi. Yang diperlukan adalah peran suami untuk menunjukkan rasa tetap sayang dan cinta pada istri, apalagi setelah memiliki anak.

Bicarakan dengan suami agar terus menjalin kedekatan emosional dan keintiman meski sekarang perhatian terbagi untuk mengurus bayi.


Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono