Entah akan berkarier atau menjadi ibu rumah tangga, seorang wanita wajib berpendidikan tinggi karena ia akan menjadi ibu.
Dian Sastrowardoyo

5 Jurus Anti Pusing Saat ART Enggak Balik

author
Isna Triyono
Selasa, 11 Juni 2019 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Kisah klasik yang selalu ada setelah Lebaran adalah ART yang enggak balik lagi.

Saat pamit mudik, ART banyak yang memberi janji surga akan kembali lagi. Tapi enggak sedikit yang kemudian memberi kabar enggak bisa kembali kerja karena satu dan lain hal.

Kalau sudah begitu, banyak majikan yang kelimpungan karena harus mengurus rumah sendiri, mulai dari mencuci hingga membersihkan rumah.

Nah, supaya enggak stress banget saat ART enggak balik lagi, sambil mencari ART baru, kamu bisa lakukan hal berikut ini agar rumah tetap terurus.

Baca juag: Merawat Sofa Kain Agar Awet

1. Cuci Piring Setelah Dipakai

Jangan menunggu cucian piring banyak dulu baru kamu mencucinya. Tumpukan cucian piring justru akan membuat kamu makin malas. Setelah makan, sebaiknya piringd an peralatan makan lainnya langsung dicuci.

Hal yang sama juga berlaku setelah kamu selesai masak. Langsung cuci semua perabotan.

SHUTTERSTOCK |

2. Berbagi Tugas

Libatkan pasangan dan anak untuk berbagi tugas. Untuk anak yang lebih besar, kamu bisa tugasnya menyapu, membuang sampah atau menyiram tanaman. Sementara pasangan bisa diberi tugas yang lebih berat misalnya bergantian menyetrika baju, mencuci atau membersihkan kamar mandi.

SHUTTERSTOCK |

3. Masak yang Simpel

Jika terlalu lelah untuk masak, kamu bisa pesan makanan lewat aplikasi online. Tapi kalau ingin tetap masak, pilih masakan yang simpel dan bisa dimakan oleh semua anggota keluarga. Bila perlu, masak masakan yang bisa disimpan dalam kulkas, sehingga saat mau makan, tinggal digoreng atau dipanaskan.

Baca juag: Motif Wall Paper Garis atau Bunga? Ini Panduannya

SHUTTERSTOCK |

4. Setrika Seperlunya

Enggak semua baju harus kamu setrika. Kamu bisa pilih baju-baju kantor atau seragam sekolah anak yang diutamakan di seterika. Selebihnya, baju harian atau celana cukup dilipat rapi aja.

5. Bangun Lebih Pagi

Selain baik untuk kesehatan, bangun lebih pagi juga membuat kamu memiliki waktu lebih untuk membereskan rumah.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono