When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

5 Tips Olahraga di Trimester Awal Kehamilan

author
Isna Triyono
Rabu, 12 Juni 2019 | 09:59 WIB
SHUTTERSTOCK |

Kehamilan di trimester awal kerap membuat calon ibu kelelahan.

Gejala yang dihadapi mulai dari morning sickness, pusing, hingga keinginan untuk selalu tidur.
Enggak heran, di trimester awal ini banyak yang tergoda untuk melewatkan waktunya berolahraga.

Padahal, olahraga yang baik justru bisa meringankan gejala-gejala di trimester awal tadi.

Jika masih khawatir, kamu bisa konsultasikan pada dokter sebelum melakukan olahraga.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti saat olahraga di trimester awal.

Baca juga: 5 Hal yang Bikin Cemas New Mom Setelah Melahirkan Tapi Sebenarnya Hal Wajar

1. Saat ‘Aman’ dari Mual

Gejala yang sering dialami di trimester pertama biasanya mual di pagi hari. Namun beberapa ibu hamil mengalami mual berkelanjutan di siang atau malam hari.

Kenali waktu-waktu kamu merasakan mual dan tidak. Saat ‘aman’ dari mual itulah sebaiknya kamu mulai olahraga ringan. Pastikan perutmu terisi sebelum merasa lapar karena mual juga bisa muncul karena rasa lapar.

2. Ruangan Ber-AC

Selain mual, ibu hamil muda juga kerap merasakan pusing. Biasanya hal ini karena suhu udara yang panas dan kurang air minum. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum berolahraga, pastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Bila perlu, lakukan olahraga di ruangan ber-AC agar terbebas dari rasa pusing.

3. Olahraga Singkat dan Mudah

Tetap melakukan olahraga yang singkat dan mudah bisa menjaga stamina tubuh saat mengalami gejala pusing, mual, dan mudah lelah tadi.

Pastikan olahraga yang kamu jalani dalam durasi yang singkat dan jenis olahraga yang mudah agar tubuh tidak mengalami kelelahan.

Baca juga: 5 Cara Berkomunikasi dengan Janin Dalam Perut

4. Sarapan Sehat

Sebelum berolahraga, sebaiknya sarapan yang sehat. Kamu bisa pilih pisang atau roti. Perut yang terisi namun tidak terlalu kenyang, bisa membuat kamu lebih nyaman berolahraga.

5. Akses Toilet

Saat tubuh menyesuaikan adanya perubahan hormone karena kehamilan, kamu biasanya akan lebih sering ingin buang air kecil. Jika berolahraga di luar ruangan, sebaiknya pastikan untuk mudah mendapat akese ke toilet.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono