In politics, if you want anything said, ask a man; if you want anything done, ask a woman.
Margaret Thatcher

Agar Bayi Anteng di Pesawat

author
Isna Triyono
Selasa, 11 Juni 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Beberapa hari ini lagi viral seorang artis muda mengeluh soal bayi yang menangis di pesawat sepanjang perjalanan.

Baru 5 menit ia posting di IG Story, keluhannya langsung jadi boomerang. Banyak yang mem-bully karena ia dianggap kurang peka terhadap bayi.

Sebagai orangtua, tentu kita enggak ingin anak rewel selama di dalam pesawat. Namun yang namanya bayi, apalagi jika ini adalah penerbangan pertamanya, tentu enggak bisa dipaksakan untung selalu anteng.

Namun kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini agar bayi tetap anteng selama di pesawat.

Baca juga: 5 Trik Mengenalkan Makanan Jenis Baru Pada Bayi

1. Jangan Panik

Yang pertama harus dilakukan justru dari orangtuanya lah yang jangan panik ketika membawa bayi dengan pesawat. Karena bayi bisa merasakan ketegangan, terutama ibunya dan hal itu membuat ia cranky.

Jika kemudian bayi tetap menangis, usahakan fokus untuk menenangkan bayi, bukan memikirkan reaksi orang di sekitar. Hal itu pasti akan membuat kamu makin panic dan bayi susah untuk berhenti menangis.

SHUTTERSTOCK |

2. Usahakan Bayi Untuk Tidur

Kamu bisa pilih jam penerbangan yang bertepatan dengan jam tidur bayi. Atau kamu juga bsia mengkondisikan bayi untuk tidur saat di pesawat.

Salah satu caranya adalah dengan mengajaknya bermain selama menunggu boarding, melakukan banyak aktivitas fisik, agar ektika di pesawat ia sudah lelah dan mudah untuk tertidur.

3. Susui Saat Take off dan Landing

Salah satu penyebab bayi menangis saat di pesawat adalah tekanan udara yang membuat telinganya kurang nyaman. Sebaiknya susui bayi ketika take off dan landing agar mengurangi tekanan udara di telinganya.

Jika bayi menolak disusui, kamu bisa beri dot atau makanan yang bisa ia emut selama take off dan landing.

Baca juga: Menyiapkan MPASI Anti Ribet Saat Mudik

SHUTTERSTOCK |

4. Kursi Bagian Depan

Biasanya pihak maskapai akan memberikan kamu kursi di bagian depan jika membawa bayi. Selain punya ruang kaki lebih lapang, kursi bagian depan juga lebih tenang dari suara mesin dan getaran yang lebih halus selama di udara.

5. Makanan dan Mainan

Bawa makanan dan mainan favorit bayi untuk mengalihkan perhatiannya ketika mulai menangis. Atau kamu juga bisa membacakan buku cerita seperti di rumah ketika waktunya ingin tidur.

 

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono