I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

Bantal Kempes? Ini Caranya Bikin Empuk Kembali

author
Isna Triyono
Kamis, 13 Juni 2019 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Setelah dipakai terus-menerus, kecenderungan bantal akan berubah bentuk atau malah kempes.

Hal itu dialami semua orang. Apalagi mengingat hampir setiap malam bantal kita pakai. Maka enggak bisa dielakkan jika bantal akan mengalami perubahan bentuk dan kempes.

Sebelum buru-buru beli bantal baru, kamu bisa lakukan tips berikut ini agar bantal kempes bisa jadi empuk lagi.

1. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Sebenranya, enggak Cuma banyak kempes yang harsu dijemur, bantal dalam kondisi baik pun harus rutin dijemur di bawah sinar matahari yang terik.

Baca juga: 5 Jurus Anti Pusing Saat ART Enggak Balik

Khusus untuk bantal yang sudah kempes, jemur di bawah sinar matahari terik, masing-masing sisi 30-60 menit. Selain membuat Dacron jadi lebih mengembang, menjemur di bawah sinar matahari etrik pun bisa menghilangkan jamur akibat lembap.

SHUTTERSTOCK |

2. Dipukul-Pukul

Setelah bantal dijemur, pukul-pukul bantal, bisa menggunakan rotan atau alat pemukul lainnya. Pukul-pukulan tadi bisa membuat udara kembali mengisi sela-sela Dacron. Jangan lupa untuk memukul-mukul bantal sepanjang sisi jahitan di bagian tepi.

Baca juga: Merawat Sofa Kain Agar Awet

3. Dicuci Dengan Air Hangat

Bantal yang sudah kempes, sebaiknya dicuci menggunakan mesin cuci dan air hangat. Air hangat bisa membuat dacron di dalamnya kembali mengembang. Namun saat dikeringkan, sebaiknya juga menggunakan mesin, jangan diperas karena akan membuat bantal semakin kempes.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono