Kekecewaan itu harus kita salurkan dengan bekerja lebih baik lagi dan bekerja keras untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi.
Sri Mulyani

Mau Makan Steak Enak? Ini 8 Steakhouse Pilihan di Jakarta

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 20 Juni 2019 | 11:00 WIB
Steak | SHUTTERSTOCK

Salah satu olahan daging merah yang kaya nutrisi dan cita rasa adalah steak. Saat liburan, pastinya seru mengajak keluarga makan steak bersama. Tertarik mencoba? Delapan steakhouse di Jakarta ini bisa jadi pilihan.

Daging merah terbukti mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh berupa protein dan 5 nutrisi penting lain, yaitu zat besi, zat seng, selenium, Omega-3 serta vitamin B Kompleks.

Zat besi penting bagi perkembangan otak anak, meningkatkan metabolisme energi di dalam tubuh serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Kekurangan zat besi bisa membuat anak kurang bergairah dan lesu.

Zat seng dapat mencegah flu, meningkatkan metabolisme tubuh serta berpengaruh pada fungsi reproduksi. Asam lemak omega-3 membantu fungsi jantung, sistem saraf pusat dan hati. Selenium penting dalam pembentukan antioksidan. Sedangkan vitamin B Kompleks membantu kerja sistem saraf otak sehingga anak lebih bisa konsentrasi.

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari daging merah, Bunda bisa memberikan pada anak 3-4 kali seminggu dengan porsi 100 gram per tiap kali makan. Daging merah bisa diolah menjadi berbagai makanan enak, salah satunya yang favorit adalah steak. Untuk mendapatkan tekstur daging yang empuk dan juicy, gunakan daging sapi Australia.

Saat liburan, jika Bunda sedang tidak memasak di rumah, tak ada salahnya mengajak keluarga untuk berwisata kuliner mencicipi steak yang lezat. Berikut ini 8 steakhouse di Jakarta yang bisa dijadikan pilihan.

Baca juga: Pentingnya Zat Besi Bagi Anak, Daging Merah Bisa Jadi Pilihan

 

1.Holycow! STEAKHOUSE By Chef Afit

Nama steakhouse satu ini sudah sangat akrab di kalangan pencinta steak, khususnya bagi mereka yang ingin menikmati steak wagyu dengan harga terjangkau. Sang pendiri, Afit Dwi Purwanto, memang punya mimpi memasyarakatkan wagyu for everyone.

 

Holycow | @steakholycow

Holycow! STEAKHOUSE By Chef Afit memakai daging sapi Australia berkualitas. Hampir semua review pelanggan memberi pujian untuk steakhouse ini, mulai dari rasa, kematangan yang pas, kecepatan pelayanan, maupun harganya.

Menu yang bisa dipilih di steakhouse ini antara lain Chicken Steak, Big Bites, Chef Afit’s Signature Wagyu dengan saus beragam mulai Mushroom sauce, Bussy’s Special Sauce, BBQ sauce, dan sebagainya.

 

2.AB Steak by Chef Akira Back

Pengin menikmati steak premium di lokasi premium? Kamu bisa mencoba steakhouse yang berlokasi di MD Place, Setiabudi, Jakarta ini. Dibuka tahun 2017, AB Steak merupakan salah satu steakhouse mewah yang menyajikan menu-menu berkualitas dengan cara penyajian American steak maupun grill ala Korea.

AB Steak | @absteakjakarta

Meski tak terlalu besar, suasana steakhouse ini sangat nyaman dengan interior didominasi warna merah dan hitam. Di setiap meja pengunjung disediakan grill sehingga pengunjung bisa melihat proses memasak langsung. Main menunya antara lain Kiwami Wagyu, Skirt Steak, Bone in Rib Eye, dan T-Bone. Sementara appetizer bisa memilih Puree, Amberjack “Carpaccio,” atau Tuna Yukke.

 

Baca juga: Bistik Daging Ini Rasa Rempahnya Khas Indonesia Banget

 

3.Meat Compiler Bintaro

Steakhouse ini terletak di kawasan perumahan Bintaro, Jakarta. Meski “terpencil,” suasana di steakhouse satu ini cukup nyaman, bersih, dan pelayanannya pun oke. Meat Compiler (MC) menawarkan menu-menu steak yang harganya terjangkau tanpa mengurangi rasa.

Meat Compiler | @meatcompiler

Menu steak yang ditawarkan antara lain Wagyu Rib-Eye, Santori Beef, Coffee Butter Sirloin, Australian Tenderloin, Australian Rib Eye, Aus Sirloin, Meat Compiler Special, dan sebagainya. Sementara menu pembuka tersedia antara lain Crème Caramel, Selected Gelato Flavor, Chocolate Mousse, dan sebagainya.

 

4.Willie Brothers Steak and Cheese

Perpaduan steak dan keju? Steakhouse satu ini layak dicoba. Di resto ini menu andalannya adalah Raclette Steak, steak dengan lelehan raclette cheese yang super lezat. Paduan Australian Rib Eye yang empuk dengan keju raclette dan tambahan aksesori lain sungguh bisa membuat lidah meleleh. 

Willie Brothers | @williebrothers

Lokasi Willie Brothers Steak and Cheese ini nyaman dengan nuansa minimalis modern dan dominasi warna hitam dan putih.

 

5.Tokyo Skipjack

Meski lokasinya biasa-biasa saja, steakhouse ini menawarkan berbagai menu steak dengan sentuhan Jepang. Berlokasi di seputaran Blok M, sebaiknya melakukan reservasi lebih dulu sebelum merencanakan makan di sini. Pasalnya steakhouse ini tak pernah sepi.

 

Tokyo Skipjack | @tokyoskipjack

Salah satu andalan Tokyo Skipjack adalah sausnya yang beda dan enak. Pilihannya ada Homemade Barbecue, Wasabi Butter, Japanese Chimichuri, dan Creamy Mushroom sauce. Menu-menu yang bisa dipesan antara lain NZ Sirloin, NZ Rib Eye, NZ Tenderloin, US Sirloin, US Rib Eye, US Tenderloin, dan The King of Steak.

Side dishesnya pun tak kalah oke, di antaranya Mitsuba Mash, Greesn Salad with Japanese Dressing, Corn Batayaki dengan harga terjangkau.

 

Baca juga: Tak Perlu Repot, Daging Tumis Saus Bulgogi Ini Praktis Dibuat

 

6.Steak 21 Buffet

Steak 21 mengeluarkan konsep baru yaitu Steak 21 Buffet. Untuk saat ini baru ada di Central Park Mall, Jakarta. Ada 4 paket menu yang ditawarkan, yaitu reguler, prime, supreme, dan grand supreme. Masing-asing berbeda dalam jumlah daging dan harganya.

Steak 21 | @steak21_id

Daging yang disediakan bermacam-macam, mulai super sirloin, prime rib eye, supreme tenderloin, lamb chop, salmon, shrimp, dan wagyu untuk paket yang paling mahal. Side dishnya pun cukup beragam, ada beef special, ratatouille, buncis, mi goreng kampung, nasi goreng, spaghetti aglio olio, dan sebagainya. Sementara sausnya antara lain black pepper, creamy mushroom, onion brown.

 

7.Hog’s Breath

Salah satu pilihan menikmati steak Australia di Jakarta adalah Hog’s Breath. Berlokasi di Central Park Mall, Jakarta, di negeri asalnya Hog’s Breath sangat terkenal. Meski tempatnya semi outdoor, steak yang ditawarkan cukup enak.

 

Hog's Breath | @hogsbreath_id

Menu rib steak yang ditawarkan antara lain Natural Prime Rib Steak, Hog’s BBQ Prime Rib Steak, Blue Cheese Prime Rib Steak, Garlic Mushroom Prime Rib Steak, Calamari Prime Rib Steak, dan lainnya.

Sementara menu dessert antara lain Fruity Crepe, Key Lime Cheese Cake, dan Banana Split Sundae. Ada juga menu pizza dan pasta, burger, serta sea food. Appetizernya Full & Loaded Potato Skin, American Style Buffalo Wings, Chicken Tenders, Macho Nacho, dan lain-lain.

 

8.Streetsteak

Satu lagi steakhouse murah yang dijamin maknyus, yakni Streetsteak. Berlokasi di bilangan Kelapa Gading, steakhouse ini cukup lumayan tempatnya. Harganya pun tak terlalu menguras kantong, antara 100 Ribu sampai 350 ribu.

Streetsteak | www.chope.co

Appetizernya bisa pilih, antara lain Street Steak Salad, Popcorn Chicken, Fried Potato Balls, dan lainnya. Untuk main sourse steaknya tersedia berbagai jenis menu mulai dari Tomahawk Steak yang memakai wagyu sirloin, Premium Wagyu Steak dengan saus BBQ, Mushroom, dan Black Pepper. Selain itu juga bisa memesan Selection of Beef yang antara lain menyediakan Oxford Street Steak, Baker Street Steak, Bond Street Steak, Park Lane Steak, dan Broadway Steak.

Ada juga paket steak lengkap Healthy Gym Sets yang disertai olahan telur dan smoothie. Bagi yang  pengin menu selain beef, jangan khawatir, Steet Steak juga menyediakan menu ayam seperti Chicken Snitzel, Stone Griled Chicken dan Chicken Cordon Bleu.

 

Nah, tertarik mencoba yang mana?

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Ratih Sukma Pertiwi