When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

Pola Makan Ibu Hamil Diturunkan ke Anak?

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 24 Mei 2019 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Tahukah Bunda, makanan yang kita konsumsi ketika hamil dan menyusui akan membentuk apa yang akan dikonsumsi anak kelak? Jika yang dikonsumsi makanan yang manis-manis, makanan itu jugalah yang akan disuka anak kelak.

 

Peneliti dari Monell Chemical Senses Center di Philadelphia, AS, menemukan bahwa selera makan anak berhubungan langsung dengan apa yang dikonsumsi sang ibu saat hamil.

Jadi, jika ibu hamil hobi makan makanan yan bervariasi, janin yang ada di dalam kandungan lebih kecil kemungkinannya untuk menjadi picky eater kelak setelah lahir. Kebiasaan makan yang baik seperti ini akan diturunkan langsung dari sang ibu.

Tak hanya kebiasan makan yang baik. Kebiasaan makan yang kurang baik pun akan menurun ke anak.

Studi yang dilakukan University of Adelaide, Australia, melaporkan bahwa jika seorang ibu hamil hobi makan makanan yang manis-manis atau makanan berlemak, maka anaknya kelak juga akan suka mengonsumsi makanan-makanan seperti yang dikonsumsi sang ibu saat hamil. Anak juga akan memiliki ikatan emosional dengan makanan-makanan tersebut.

Baca juga: Sering Merasa Lelah? Bisa Jadi Tubuh Kekurangan Vitamin D

New York Times menulis, peneliti meyakini bahwa kecenderungan selera makan yang berkembang di masa-masa penting kehamilan akan membentuk kebiasaan dan selera makan sepanjang hidup. Mengubah selera makan di masa kanak-kanak pun tak mudah, bahkan sangat sulit dilakukan.

Jadi, kalau ada orang yang bilang bahwa wanita hamil makan untuk 2 orang, itu benar adanya. Benar bukan dalam artian jumlahnya tetapi si calon ibu lah yang menentukan selera makan anaknya hingga dewasa kelak.

Nah, lain kali jika kamu sedang hamil, pilihlah makanan yang sehat supaya bayi di dalam kandungan kelak juga memiliki pola makan yang sehat.

Bukan berarti nggak boleh mencicipi makanan atau jajanan yang macam-macam, ya, tetapi ingatlah bahwa apa yang kamu makan saat hamil, itu jugalah yang akan dikonsumsi anak kelak.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro