Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Viral! Eksotisnya Rest Area Banjaratma, Brebes

author
Isna Triyono
Jumat, 14 Juni 2019 | 14:00 WIB
IG @ignaamok |

Masih ada cerita menarik dari musim mudik kemarin.

Pemudik yang menggunakan jalan tol Trans Jawa banyak yang kompakan mem-posting foto-foto saat di rest area.

Rasanya sebagian besar rest area berlomba-lomba mempercntik diri menyambut musim mudik Lebaran 2019. Namun ada satu rest area yang kemudian jadi viral dan banyak diperbincangkan di media sosial, yaitu rest area KM 260 B Banjaratma, Kabupaten Brebes.

Hampir semua pemudik yang mampir di rest area ini mem-posting foto-foto selama di rest area itu dan juga menggambarkan betapa unik dan menariknya tempat tersebut.

Nah mungkin saat musim libur sekolah pekan ini, kamu bisa juga mampir ke rest area KM 260 B Banjaratma, Brebes.

Baca juga: 5 Rekomendasi Staycation di Jakarta

Tapi sebelumnya, supaya semakin penasaran kamu bisa ketahui dulu nih fakta menarik tentang rest area yang mulai dioperasikan sejak 17 Maret 2019 ini.

IG @andhiandhi |

1. Bekas Pabrik Gula

Kalau kamu search, hampir semua pemudik yang posting di rest area ini kasih info bahwa lokasi itu dulunya adalah pabrik gula.

Yup, bangunan ini dulunya adalah pabrik gula yang didirikan oleh perusahaan perkebunan milik Belanda, N.V. Cultuurmaatschappij pada tahun 1908. Mulai beroperasi pada tahun 1913 dan harus gulung tingkar pada tahun 1998 karena biaya operasionalnya yang tinggi.

IG @ignaamok |

2. Cagar Budaya

Setelah tutup, bangunan pabrik dibiarkan begitu saja dan dijadikan cagar budaya. Dinding terkelupas yang mengekspos batu bata merah, akar-akar pohon perdu, dan bagian dalam bangunan dibiarkan seperti aslinya.

3. Spot Instagramable

Pihak BUMN kemudian meliriknya untuk dijadikan rest area yang eksotis karena letaknya di pinggir tol Trans Jawa.

Keaslian bangunan tetap dipertahankan, seperti dinding batu bata merah, tungku, mesin penggiling, dan lorong-lorong khas pabrik dan jadi spot Instagramable. Kamu juga berfoto dengan lokomotif jadul bekas pengangkut tebu yang dipajang di bagian luar pabrik.

Baca juga: Seperti di Luar Negeri, Ini 7 Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Banyuwangi

IG @andhiandhi |

4. Rest Area Komplet

Rest area ini bukan hanya eksotis tetapi juga jadi rest area yang komplet. Mulai dari booth aneka makanan, SPBU, masjid, bengkel, hingga klinik. Dengan total luas 11 hektare, rest area ini cocok dijadikan tempat singgah dan ‘piknik’ keluarga.

IG @marwahpurnama |

5. Taman Hijau

Bukan cuma interior, bagian luar bangunan juga cocok sebagai tempat beristirahat. Di sisi kiri belakang bangunan terdapat taman hijau. Kamu bisa menikmati hijaunya tanaman atau sekadar foto-foto.

 

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono