Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Setelah Interview, Jangan Lupa 5 Hal Ini

author
Isna Triyono
Kamis, 13 Juni 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Kebanyakan yang orang lakukan setelah interview pekerjaan adalah hanya menanti kabar dari pihak HRD.

Padahal ada beberapa step lagi yang bisa kamu lakukan setelah interview agar kamu mendapat pekerjaan yang kamu inginkan itu.

Berikut ini 5 hal yang harus kamu lakukan setelah melewati proses interview pekerjaan.

1. Bertanya Soal Selanjutnya

Di akhir wawancara, mintalah informasi soal tahap selanjutnya dalam proses perekrutan. Tanyakan kapan kamu bisa menghubungi perusahaan untuk mengetahui status lamaran kamu.

Baca juga: Balikin Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran, Ini Tipsnya

Dengan bertanya soal tahapan selanjutnya, memberi kesan bahwa kamu sangat antusias melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Kamu pun bisa merencanakan langkah selanjutnya, misalnya untuk menerima wawancara kerja di tempat lain.

2. Minta Kontak Pewawancara

Pastikan kamu menyimapn kontak dan nama lengkap pewawancara agar kamu bisa mengetahui siapa yang bisa dihubungi untuk mencari tahu tentang kelanjutan proses lamaran kamu di perusahaan itu.

3. Tulis dan Kirim Surat Terima Kasih

Sebagian besar dari pencari kerja pasti mengabaikan hal ini karena menilai terlalu lebay. Padahal dengan menulis dan mengirim surat terima kasih kepada pewawancara menunjukkan kamu profesional dan antusias.

Tulis surat ucapan terima kasih dalam bahasa formal dan utarakan bahwa kamu senang mendapat kesempatan wawancara di perusahaan tersebut.

Baca juga: Punya Bos Gila Hormat, Ini Tips Menghadapinya

4. Hubungi Referensi Kerja

Biasanya perusahaan akan meminta kamu mencantumkan 1-2 orang yang bisa dijadikan referensi kerja di perusahaan sebelumnya.

Setelah wawancara, kamu bisa hubungi referensi kerja yang kamu cantumkan agar ia siap ketika ditelepon untuk dimintai referensi soal kamu.

5. Terus Mencari

Setelah melakukan wawancara, sebaiknya kamu terus mencari lowongan pekerjaan di tempat lain. Hal ini agar kamu tidak kehilangan waktu hanya dnegan menanti kabar dari proses wawancara tadi.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono