A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

5 Tips Membereskan Dapur

author
Isna Triyono
Kamis, 20 Juni 2019 | 10:15 WIB
SHUTTERSTOCK |

Melihat dapur yang berantakan, enggak bisa dipungkiri mempengaruhi mood kita untuk memasak.

Apalagi jika kita selalu kesulitan mencari barang yang ingin kita pakai.

Jika sudah begitu, acara masak-memasakan yang tadinya menyenangkan dan pakai hati, bisa jadi seperti kegiatan yang dipaksakan.

Nah, supaya masak di dapur jadi lebih nyaman dan menyenangkan, coba yuk atur ulang dapur kamu agar lebih rapi. Berikut 5 tipsnya.

Baca juga: Tips Percantik Dapur dengan Budget Terbatas

1. Atur Ulang Semua Barang

Letakkan semua barang dapur di atas meja atau lantai. Kelompokkan barang dari frekuensi pemakainan, cukup dua kelompok. Yaitu barang yang selalu dipakai dan jarang dipakai.

Pengelompokkan ini berguna untuk mengatur penyimpanan barang. Untuk kelompok yang jarang dipakai, kamu bisa simpan di tempat yang tidak terlalu mudah dijangkau atau dimasukkan ke dalam container dengan tulisan nama barang di bagian luarnya agar kamu bisa tetap mudah mencarinya ketika diperlukan.

Kelompok yangs sering dipakai, kamu bisa atur di laci, rak terbuka, atau di dalam kabinet. Yang terpenting mudah dijangkau.

SHUTTERSTOCK |

2. Donasikan atau Dibuang

Jika kamu punya 3 panci atau fry pan yang sama, donasikan salah satunya. Atau jika ada barang yang rusak dan kamu berpikir akan memperbaikinya nanti, sebaiknya buang atau donasikan. Karena kemungkinan kecil kamu akan ingat untuk memeprbaikinya.

Baca juga: Bantal Kempes? Ini Caranya Bikin Empuk Kembali

3. Simpan Menurut Jenis

Panci dan wajan harus dikelompokkan berdasarkan jenis dan ditempatkan ke dalam yang lainnya, dari ukuran terkecil hingga yang terbesar. Untuk tutup, kamu juga simpan berdasarkan urutan ukuran namun pastikan tutup panci dan wajan tidak jauh dari pasangannya.

SHUTTERSTOCK |

4. Manfaatkan Area di Bawah Wastafel

Area di bawah wastafel bisa kamu maksimalkan untuk menyimpan aneka sabun dan alat kebersihan. Kamu juga bisa menyimpan tempat sampah agar tidak terlihat karena bagaimanapun tempat sampah bukan pemandangan yang enak untuk dilihat.

SHUTTERSTOCK |

5. Atur Ulang Kulkas

Keluarkan semua barang di dalam kulkas. Lalu cek batas kadaluarsa. Untuk bahan makanan yang mendekati kadaluarsa, simpan di tempat yag mudah dilihat dna dijangkau.

Makanan yang mudah rusak, simpan di bagian paling bawah. Sementara rak di pintu kulkas untuk menyimpan botol saus atau bumbu.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono